Sebanyak 19 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima bantuan hibah alat mesin pertanian (alsintan), hibah diserahkan simbolis Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah, di halaman kantor Dinas Pertanian HSS.

Penyerahan hibah dengan tujuan terus mendorong pengembangan sektor pertanian, yang saat ini menjadi salah satu penopang perekonomian di kabupaten setempat.

"Hibah yang kita serahkan berjumlah sebanyak 19 unit, terdiri dari 16 unit handtraktor dan tiga  unit cultivator," kata Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor dalam laporan kegiatan, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: Gubernur Kalsel dan pj bupati rayakan keberhasilan panen padi di HSS

Pihaknya mengharapkan dengan hibah alsintan tersebut, dapat membantu pengolahan tanah bisa lebih cepat, sehingga intensitas menanam meningkat, minimal dua kali dalam satu tahun.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengatakan agar alsintan dapat dimanfaatkan dengan baik, dirawat dengan baik agar usia alat ini bisa bertahan lama, jangan sampai setelah diberikan bantuan timbul masalah dalam kelompoknya masing-masing.

"Pemkab HSS terus meningkatkan hibah seperti ini, supaya pendapatan dan kesejahteraan petani meningkat, maka kesejahteraan masyarakat di HSS pun akan meningkat," tuturnya.

Baca juga: Petani tiga kecamatan wilayah Daha manfaatkan musim kemarau bercocok tanam

Penyerahan Alsintan ini adalah bukti bahwa Pemkab HSS selalu mendukung upaya peningkatan dari sektor pertanian, sebagai sektor utama dalam pembangunan di HSS.

Kedepannya, pemberian alat pertanian akan terus ditingkatkan karena ini akan mensejahterakan petani semakin meningkat ,dan pengelolaan lahan semakin mudah.

"Saya meminta untuk menyalakan alsintan dulu, guna memastikan kondisi alat yang masih baru dapat berfungsi dengan baik," tutupnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023