Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor memimpin rapat koordinasi rencana relokasi pembangunan Puskesmas Bajayau, Kecamatan Daha Barat.

Kepala Dinas Kesehatan HSS Rasyidah, di Kandangan, Kamis, mengatakan Puskesmas Bajayau menjadi salah satu puskesmas lokus penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan Tahun 2024, untuk relokasi pembangunan puskesmas.

Baca juga: BPOM Banjarmasin intensifkan pengawasan pangan jelang Natal di HSS

"Dalam pelaksanaannya, terjadi berbagai kendala yang saat ini dihadapi, seperti akses jalan yang sulit akibat terjadi banjir," kata Rasyidah dalam keterangan, di Kandangan.

Dijelaskan dia, mengatasi kendala yang dihadapi tersebut, maka pihaknya melaksanakan rakor terkait rencana relokasi pembangunan Puskesmas Bajayau.

Sekda HSS Muhammad Noor, mengatakan rakor membahas bersama-sama dalam mempertimbangkan dan menganalisis berbagai kemungkinan, termasuk aspek geografis, kebutuhan masyarakat dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya.

"Tujuan utama dari relokasi untuk memastikan Puskesmas Bajayau dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih merata bagi seluruh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab HSS Kalsel upayakan prevalensi stunting 14 persen pada 2024

Adapun untuk pembangunan Puskesmas Bajayau nantinya telah didesain dengan konstruksi beton dua lantai, dengan luas bangunan 984 meter persegi, dibangun di atas lahan seluas 1.809 meter persegi.

Turut hadir dalam rapat, asisten, jajaran Dinas Kesehatan HSS, kepala perangkat daerah terkait, Kabag PBJ, Kabag Ekobang, dan Kabag Hukum Setda HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024