Ustadz Haji Aspani Anshari dalam tausiyahnya di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan menyatakan, tidak perjuangan tanpa rintangan atau tantangan.

"Oleh karenanya suatu  perjuangan menghadapi rintangan atau tantangan merupakan kewajaran," tegas Ustadz Aspani, sesudah Shalat Subuh Arba atau Rabu.

Baca juga: TGH Zainuddin ingatkan bagi mereka yang bahil atau pelit

Alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir bergelar "Lc" tersebut menyatakan itu dengan menukil atau mengutip sejarah para Rasulullah antara lain Nabi Muhammad Saw, Nabi Yusuf alaihi salam (as) dan Nabi Musa as.

Dalam sebuah tafsir Al Qur'an Surat Yusuf, Ustadz Aspani mengungkapkan betapa rintangan atau tantangan Nabi Yusuf sejak kecil hingga dewasa.

"Sejak kecil Nabi Yusuf mau dibunuh dan kemudian dibuang ke sumur  oleh saudaranya sendiri, serta godaan dan fitnah Zulaiha (istri seorang petinggi kerajaan)," ungkapnya.

Begitu pula Nabi Muhammad Saw selain menghadapi berbagai tantangan, juga kemalangan dengan meninggal dunia istri tercinta Siti Chadidjah serta Abu Thalib (paman pembela perjuangan Rasulullah Saw) sehingga Allah SWT Isra dan Mi'raj kan.

"Namun semua tantangan dan godaan tidak melunturkan keimanan serta sikap juang Nabi Yusuf as serta Rasulullah Muhammad Saw," ujar pendiri salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin Selatan tersebut.

Baca juga: Mantan Ketua NU Kalsel Tabrani Basri ungkap rahasia shalat
 
Ustadz Haji Aspani Anshari saat tausiyah di Masjid Al Falah Komplek Bumi Pemurus Permai Banjarmasin Selatan, Rabu (31/1/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
Oleh sebab itu, Ustadz Aspani berharap, jika memungkinkan agar kaum Muslim terutama jamaah Masjid Al Falah meneladani moral serta sikap juang Nabi Yusuf as dan Rasulullah Saw.

Seperti tidak mudah tergoda atau terbawa hawa nafsu yang bisa menjerumuskan kepada kehinaan dan kenistaan, baik di dunia maupun alam akhirat kelak.

Selain itu, tak kenal menyerah dalam perjuangan seperti untuk menegakkan kebenaran dan keadilan sesuai syariat Allah SWT.

"Hadapi semua tantangan dan godaan dengan selalu berusaha/bertawakal kepada serta berserah diri kepada Allah SWT," demikian Aspani Anshari.

Baca juga: TGH Zainuddin Rais nyatakan ilmu tauhid utama mengenai Allah

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024