Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menerima dana pembinaan dari Pemerintah daerah dalam rangka peningkatan inovasi produk lokal.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong Hamida Munawarah di Tanjung, Jumat yang menyebutkan UMKM yang menerima dana pembinaan sebelumnya mengikuti lomba inovasi produk daerah 2016 tingkat Kabupaten Tabalong dalam rangka Hari Koperasi ke-69.

"UMKM yang menerima dana pembinaan dan penghargaan dari pemerintah daerah merupakan hasil seleksi lomba inovasi produk daerah tingkat Kabupaten Tabalong masing-masing dari kelompok kerajinan dan pangan," jelas Hamida.

Di kelompok kerajinan dana pembinaan diberikan kepada kerajinan kulit kayu sebesar Rp6 juta, kerajinan bambu Rp4,5 juta dan kerajinan kemasan Rp3,5 juta.

Sedangkan kelompok pangan masing-masing tomat rasa kurma menerima dana pembinaan Rp6 juta, kerupuk bonggol pisang Rp4,5 juta dan marning singkong Rp3,5 juta.

Sementara itu Disperindagkop dan UKM juga memberikan bantuan satu unit laptop kepada sembilan koperasi berprestasi di wilayah ini yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Banua Bauntung, Koperasi Serba Usaha (KSU) Batu Pulut Jaya, KSU An Noor, KSU Mitra Usaha dan Primer Kartika.

Termasuk Koperasi KPN Rida, Primkopabri, Kopwan Dharma Kencana, Koperasi Fajar Menyingsing dan Koperasi Himpana Tanjung Jaya juga mendapat bantuan laptop.

Sebelumnya Koperasi Simpan Pinjam Banua Bauntung berhasil meraih predikat koperasi berprestasi tingkat nasional 2016 dan saat ini realisasi penyaluran kredit Usaha Rakyat (KUR)nya mencapai Rp5,4 miliar.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016