Penjabat Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin menyerahkan bantuan truk pengangkut sampah kepada warga di Kecamatan Salam Babaris saat keliling desa.

"Ini adalah awal, Salam Babaris adalah yang pertama mendapatkan truk angkutan sampah ini," ujarnya di Kantor Kecamatan Salam Babaris, Tapin, Kamis.

Baca juga: Pj Bupati Tapin bagikan bibit cabai tekan inflasi saat keliling desa

Syarifuddin mengungkapkan operasional  truk angkutan sampah ini tak terbatas di satu desa namun juga bisa di semua wilayah Kecamatan Salam Babaris.

"Bantuan ini adalah pokok pikiran dari Ketua DPRD Kabupaten Tapin, untuk menjaga lingkungan di tingkat desa," ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin Nurdin mengatakan pemberian truck sampah untuk Kecamatan Salam Babaris ini adalah program perluasan layanan kebersihan pemerintah daerah.

"Sebelumnya kita baru delapan kecamatan yang dilayani truk sampah, hari ini bertambah satu jadi sudah ada sembilan kecamatan," ujarnya.

Ia sampaikan untuk manajemen aset dan operasional akan menyerap tenaga kerja dari kecamatan setempat yang diakomodir oleh Dinas Lingkungan Hidup.

"Untuk biaya operasi ditanggung oleh Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya.

Nurdin mengungkapkan biaya operasional truk sampah ini bisa mencapai Rp6,2 juta per bulan, masing-masing untuk gajih sopir, petugas muat sampah hingga bahan bakar minyak.

"Gajih sopir Rp1,4 juta dan empat orang masing-masing Rp1,2 juta, sedangkan bahan bakar per hari 10 liter," ungkapnya.

Disebutkan Nurdin Penjabat Bupati Syarifuddin menginginkan ke depan semua kecamatan memiliki truk angkutan agar lingkungan perumahan dan sekitarnya bersih dari sampah.

"Kita juga sudah gencar melakukan sosialisasi terkait pemilahan sampah dari rumah kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin berikan perlengkapan SAR kepada relawan agar tangguh bencana

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024