Universitas Lambung Mangkurat (ULM) masuk dalam 47 kampus terbaik se-Indonesia berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Alhamdulillah tahun ini ULM kembali jadi deretan kampus terbaik nasional dengan mempertahankan posisi di klaster mandiri," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: ULM tanam seribu pohon dukung KLHK turunkan emisi dari sektor kehutanan

Dia menyebut bertahannya ULM di klaster mandiri merupakan hasil dari usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Alim pun terus mendorong civitas akademika ULM agar memiliki komitmen dan semangat tinggi mencapai prestasi dalam implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

"Kampus memberikan dukungan penuh setiap langkah mahasiswa dan dosen dalam kegiatan akademik maupun non-akademik yang berdampak positif bagi peningkatan kualitas ULM di kancang nasional dan internasional," tegasnya.

Atas capaian ini, ULM semakin mengokohkan posisinya sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di kawasan regional Kalimantan berkat sokongan 119 guru besar, sembilan program doktor (S3) dan enam program studi terakreditasi internasional yang memberikan garansi bagi 37 ribu mahasiswa untuk mendapatkan daya saing pembelajaran.

Baca juga: ULM-BRI kerja sama gulirkan beasiswa dan pembinaan mahasiswa

Diketahui, klasterisasi perguruan tinggi adalah pengelompokan perguruan tinggi berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diukur melalui Sistem Informasi Ilmiah Nasional Terintegrasi (SINTA).

Ada lima klaster yang dibentuk oleh Kemendikbudristek yaitu klaster mandiri, klaster utama, klaster madya, klaster pratama, dan klaster binaan.

Total 1.961 kampus terklasterisasi tahun ini terdiri dari 47 kampus di klaster mandiri, 194 kampus di klaster utama, 277 kampus di klaster madya, 425 kampus di klaster pratama, dan 1018 kampus di klaster binaan. 

Klaster mandiri merupakan klaster tertinggi yang menunjukkan kinerja terbaik di antara klaster lainnya.

Kampus yang masuk dalam klaster ini memiliki kewenangan penuh untuk mengatur dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa serta diharapkan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi kampus di klaster lainnya.

Baca juga: ULM tingkatkan capaian nilai SINTA dosen melalui BOPTN

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024