PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan meraih delapan penghargaan di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2024, yang digelar Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi, di Hotel Kempinski Jakarta. 

"Penghargaan tersebut juga diraih dua unit operasi di Kalimantan Selatan," ujar La Tofi, dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Banjarmasin, Sabtu.

Kedua unit operasi tersebut, menurut dia, adalah, Integrated Terminal Banjarmasin dengan kategori The Promising  mengusung tema Mengembangkan Edukasi Perubahan Iklim dengan Program Masyarakat Siaga Bencana.

Kedua, sebut dia, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor dengan Kategori The Promising.Untuk tema yang diusung Penanganan Sampah Plastik Program Hiling di Kasturi - Futuristik (Furniture dari Sampah Plastik).

La Tofi juga mengungkapkan, Indonesia Green Awards (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. 

“Perusahaan menyisihkan sebagian dari laba untuk mengelola kegiatan CSR, sehingga masyarakat mampu merasakan manfaat dari setiap perusahaan tersebut," jelas La Tofi.

Latar Belakang Program Kampung Siaga Bencana Kuin Cerucuk, sebut dia,  tidak terlepas dari wilayah ring satu memiliki kerentanan resiko bencana banjir maupun kebakaran. 

Selain itu, ungkap dia, Program Kampung Siaga Bencana (KSB) Kuin Cerucuk juga menjawab isu terkait dengan pengorganisasian relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk. 

Program CSR tersebut, papar dia, merupakan salah satu upaya Pertamina bagi masyarakat melalui pengurangan resiko dan mitigasi bencana. 

Selanjutnya, DPPU Syamsudin Noor mencanangkan program CSR bertema Penghijauan dan Pengelolaan Lingkungan (Hiling) dengan mengajak kelompok bank sampah Sumber Rezeki di RT 33 Kasturi, Kelurahan Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk mengolah sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi dan utilitas tinggi. 

Berdasarkan laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, terang dia, terdapat 0,68 kilogram sampah dihasilkan perorang setiap harinya. 

Menjawab isu tersebut, tambah dia, Pertamina mendorong kreativitas masyarakat dalam pengolahan 3R (reduce, reuse dan recycle) sampah plastik.

Sementara itu Area Manager Comm,Rel & CSR Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra mengapresiasi The La Tofi School of CSR telah memberikan penghargaan kepada Pertamina. 

“Semoga ke depannya kami dapat melakukan kontribusi lebih banyak lagi untuk lingkungan dan juga CSR bagi masyarakat," tuturnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024