Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sarana infrastruktur pendidikan guna mewujudkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di kota setempat.
 
"Penyiapan infrastruktur pendidikan sebagai upaya mewujudkan kualitas SDM yang lebih baik sehingga lebih maju dibanding daerah lainnya," ujar Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Selasa.
 
Menurut Aditya, pihaknya fokus dalam mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan formal dan menyakini pembinaan generasi muda lebih optimal jika didukung infrastruktur yang baik.
 
Disebutkan, infrastruktur pendukung disiapkan mulai jenjang pendidikan dasar mulai dari bangunan sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).
 
"Alhamdulillah, Pemkot Banjarbaru mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang diarahkan untuk membangun ruang tambahan di sekolah seperti di SMP Negeri 5 Banjarbaru," ungkapnya.
 
Aditya menuturkan, pihaknya secara simbolis meresmikan pembangunan di SMPN 5 seperti Laboratorium Komputer, ruang UKS, ruang Inklusi, Laboratorium IPA, perpustakaan, hingga bangunan toilet.
 
"Pembangunan sarana prasarana dan bangunan pendukung di lingkup sekolah tentunya dapat berdampak terhadap proses belajar mengajar maksimal dan mendorong kualitas pendidikan lebih baik," ujarnya.
 
Aditya berpesan agar seluruh warga sekolah menggunakan fasilitas baru dengan optimal, dan terus menjaga, merawat, dan memelihara sehingga dapat terus dimanfaatkan sesuai fungsinya.
 
"Pembangunan infrastruktur dengan sarana prasarana pendukung lainnya dilakukan secara bertahap, sehingga seluruh fasilitas pendidikan di Kota Banjarbaru semakin baik dan merata di seluruh wilayah," katanya.
 
Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Deddy Sutoyo mengapresiasi kepada seluruh sekolah yang terus berupaya dan berkoordinasi dengan komite sekolah sehingga upaya peningkatan infrastruktur pendidikan terealisasi.
 
"Standar infrastruktur pendidikan harus selalu berkembang sehingga Pemkot Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan adalah melaksanakan percepatan pembangunan sarana pendukung pendidikan," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024