Jamaah asal Hulu Sungai (Banua Anam) mulai "merayap" menuju Baca juga: 12 orang rela berangkat naik becak dari Barabai hadiri haul Guru Sekumpuldi Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan berlangsung pada Minggu (14/1) esok setelah Shalat Magrib.

Tokoh masyarakat Desa Aluan Mati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalsel, M Ilmi Muhran (64) dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan iringan jamaah Haul Guru Sakumpul mulai terlihat padat di Ibu Kota Kabupaten Tapin, Rantau Kalimantan Selatan.

Baca juga: Bupati Saidi bersama Forkopimda pantau kesiapan haul ke-19 Guru Sekumpul

Muhran menuturkan kemacetan lalu lintas kendaraan pun sempat terjadi di Pantai Hambawang (155 km utara Banjarmasin) Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) Kabupaten HST.

Muhran memperkirakan kepadatan kendaraan tersebut karena Pantai Hambawang merupakan titik pertemuan jamaah dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), HST, Balangan dan Kabupaten Tabalong Kalsel.

Baca juga: Kapolres Banjar: Jamaah Haul Guru Sekumpul mulai berdatangan pada H-1

"Bahkan jamaah asal Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah juga ada yang melalui akses jalan nasional tersebut," ujar Muhran.

Ia menambahkan jamaah yang hendak menghadiri Haul ke-19 Guru Sakumpul itu banyak menggunakan sepeda motor atau kendaraan bermotor roda dua.

"Para jamaah yang menggunakan sepeda motor tetap jalan kendati hampir sepanjang jalan terjadi hujan dengan harapan bisa berada di Sakumpul tempat pusat kegiatan haul," ungkap Muhran.

Baca juga: Warga Maburai layani pijat gratis bagi jamaah Haul Guru Sekumpul

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024