Sebanyak delapan unit mobil dari Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Hulu Sungai Selatan (HSS) dikerahkan untuk menyediakan air bersih di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

Bantuan ini diperuntukkan bagi ketersediaan air bersih bagi jamaah pada kegiatan rutin malam Minggu (14/1) mendatang, dan delapan unit mobil serta 80 relawan BPK berangkat dilepas Pelaksana harian (Plh) Bupati HSS Muhammad Noor.

"Atas nama Pemkab HSS, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh relawan, yang telah bersedia membantu pengamanan pada Haul Guru Sekumpul," kata M Noor dalam keterangan, di Kandangan, Sabtu.

Dijelaskan dia, keberadaan mereka sebagai relawan haul, merupakan bukti nyata dari semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru siapkan bus gratis hingga tempat menginap jamaah haul Guru Sekumpul

Pihaknya telah melepas armada Kerukunan BPK HSS sebanyak delapan unit dengan kekuatan 80 personel, untuk mendukung kegiatan haul di Martapura, terutama kelancaran penyediaan air bersih pada saat hari H.

"Tahun ini relawan kita lebih terkoordinir, yang mana semua di atur dan tidak ada yang berangkat sendiri, dan ini juga bentuk partisipasi pemerintah daerah melalui Kerukunan BPK HSS," ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa posko-posko di HSS sudah mulai beroperasi, sebanyak lima posko ditempatkan di setiap kecamatan yang menjadi lintasan mobilitas jemaah haul.

Seperti pada jalur utama dengan posko induk di halaman Islamic Center Kandangan, sekaligus dalam mengelola dan mengkoordinasi semua posko yang ada di HSS.

Untuk jemaah sendiri, seperti tahun-tahun sebelumnya pemerintah daerah juga sudah menyediakan delapan buah bus, dengan total kapasitas sekitar 200 orang lebih.

"Pengelolaan bus tersebut kita serahkan kepada masing-masing kecamatan, dan rencannanya akan diberangkatkan pada Minggu (14/1) subuh, menuju Sekumpul, Martapura," terangnya.

Menurut M Noor, penyediaan sarana angkutan ini dari pemerintah daerah dalam membantu masyarakat, bagi mereka yang ingin berangkat dan menghadiri secara langsung haul di sana, tetapi tidak mempunyai kendaraan.

Baca juga: Polda Kalsel kerahkan ribuan personel amankan Haul Guru Sekumpul

Kepada para relawan, ia berpesan agar selalu memperhatikan kesehatan, menjaga keamanan pribadi, maupun keamanan sekitar.

Serta selalu menjaga nama baik relawan di Kabupaten HSS, sehingga semua niat baik ini bisa menjadi keberkahan untuk semua pihaknya.

"Kami berharap pengamanan nantinya selalu memperhatikan dan mengedepankan prinsip pengamanan dengan rasa kekeluargaan, sehingga haul berjalan aman dan nyaman, serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya.

Adapun pelepasan armada BPK dilepas Plh Bupati HSS yang didampingi Ketua Kerukunan BPK HSS Ronaldy P Putra di halaman kawasan Islamic Center HSS, dihadiri alim ulama, pejabat terkait dan para relawan beserta keluarga.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024