Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Kalsel) menerapkan teknologi computer security incident response team (CSIRT) untuk mencegah serangan siber pada situs pemerintah daerah.

“Kalimantan Selatan adalah satu-satunya provinsi yang berkomitmen mengembangkan teknologi CSIRT, kami sudah meluncurkan CSIRT di empat kabupaten/kota sepanjang 2023,” kata Kepala Bidang Sandikami Diskominfo Kalsel Sucilianita di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Diskominfo Tapin perkuat keamanan situs dari serangan "slot gacor"

Dia menyebutkan pengembangan teknologi CSIRT di Kalsel meliputi wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami sudah menggelar pertemuan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam waktu dekat akan diluncurkan lagi CSIRT di empat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sucilianita mengungkapkan empat kabupaten/kota itu, yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Balangan, dan Kabupaten Tabalong, sehingga saat ini Kalimantan Selatan menjadi provinsi terbanyak peluncuran CSIRT di Pulau Kalimantan.

Baca juga: BSSN ajari teknik pemulihan serangan siber kepada ASN Kalsel

Dia menuturkan pertemuan dengan BSSN dilaksanakan pada Kamis pagi dengan agenda rapat koordinasi secara virtual terkait peluncuran CSIRT di tingkat kabupaten/kota yang diikuti diskominfo provinsi se-Indonesia.

Sucilianita berharap tim di kabupaten/kota dapat lebih maksimal menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi, dan menanggapi serangan siber pada situs pemerintah daerah karena pengembangan teknologi CSIRT yang gencar di Kalimantan Selatan.

“Kami berharap teknologi CSIRT semakin berkembang di Kalimantan Selatan. Dengan tambahan peluncuran di empat daerah itu, semoga lima kabupaten/kota lagi segera menyusul agar situs pemerintah di seluruh daerah terjamin keamanannya,” ujarnya.

Baca juga: Polda Kalsel terima 350 laporan dugaan pidana siber

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024