Pelaksana harian (Plh) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Noor berharap Musyawarah Daerah (Musda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Kabupaten HSS Tahun 2024, menghasilkan kepengurusan yang terbaik.

"Kami berharap dengan kegiatan ini dapat menghasilkan yang terbaik dan perubahan untuk kemajuan bagi kemajuan kepengurusan LPTQ HSS," kata M Noor dalam sambutan, di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan M Noor, tentunya melalui musda ini juga akan menjadi sarana bersama, supaya kehadiran LPTQ dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, ia juga mengapresiasi atas peran aktif yang selama ini telah ditunjukkan oleh LPTQ HSS, dalam mengembangkan Al Qur’an di kabupaten setempat.

Baca juga: 46 peserta kafilah HSS dilepas ikuti MTQ ke-34 tingkat provinsi

“Saya ingin peran aktif ini dapat terus kita pelihara di masa mendatang, di mana tantangan ke depan akan semakin kompleks, sehingga kekompakan dan kebersamaan harus terus kita pertahankan dan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya bersyukur sudah bisa digelar Musda untuk kepengurusan baru, karena sebentar lagi akan ada event MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepengurusan LPTQ yang baru pada hari ini dibentuk bisa menyiapkan secara efisien dan efektif, karena waktunya sangat terbatas, sehubungan akan dilaksanakan MTQ tingkat provinsi di bulan April 2024 di Kabupaten Tapin.

“Kita percaya LPTQ sendiri sudah berpengalaman dapat menyiapkan dengan baik, sehingga bisa membawa nama baik Kabupaten HSS di ajang MTQ tingkat provinsi," terangnya.

Sebelumnya, Panita musda Fajar Abdi, melaporkan tujuan dilakukannya musda dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi, mengingat bahwa LPTQ periode sebelumnya 2019-2023 telah habis masa jabatan kepengurusan.

Diperlukan pengurusan LPTQ Kabupaten HSS yang dapat berperan aktif sebagai mitra pemerintah daerah, untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam membaca, mempelajari, memahami, menghayati dan mengamalkan Al Qur'an.

Baca juga: TC kafilah HSS persiapkan Qari-Qariah di MTQ XXIV tingkat provinsi

"Baik itu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat kita, terutama dalam mengisi pembangunan, khususnya di bidang mental spritual," ucapnya.

Peserta Musda LPTQ sebanyak 44 orang, terdiri dari ketua LPTQ kecamatan 11 orang, sekretaris LPTQ kecamatan 11 orang, kepala KUA kecamatan dan penyuluhan agama Islam se-Kabupaten HSS 22 orang.

Musda memiliki agenda memilih ketua beserta pengurus LPTQ HSS periode 2024-2028, berikut penyusunan program kerja LPTQ.

"Di mana ada salah satu program kita dalam waktu dekat, yakni akan dilaksanakannya MTQ tingkat Kabupaten HSS," jelasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024