Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto menyampaikan pesan damai pemilu ke warga pesisir di Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala saat bakti sosial dan kesehatan dalam rangka Sambang Nusa Presisi gelaran Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolalirud) Polda Kalsel.

"Kita ingatkan masyarakat agar tetap menjaga semangat persatuan, jangan sampai mudah dipecah belah oleh kepentingan politik sesaat jelang pemilu," kata Kapolda saat berada di Polsek Tabunganen yang menjadi pusat kegiatan, Rabu.

Baca juga: Tim Satgas Peti temukan akses jalan tambang ilegal di HST

Menurut Kapolda, masyarakat kerap diprovokasi oleh pihak tak bertanggung jawab misalnya melalui berita hoaks dan sebagainya.

Oleh karena itu, perlunya masyarakat seperti yang tinggal di kawasan pesisir sungai agar teredukasi secara benar terkait pemilu.

"Saya minta anggota di Polsek ini bisa terus mengawal kondusifitas wilayahnya, termasuk peran Ditpolalirud yang juga memiliki tugas membina masyarakat pesisir," jelasnya.

Baca juga: Polda Kalsel siap amankan jutaan jamaah Haul Guru Sekumpul
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto menyerahkan bantuan sembako dan kursi roda. (ANTARA/Firman)

Pada kesempatan itu, Kapolda menyerahkan bantuan 200 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu serta dua kursi roda dan lima tongkat alat bantu jalan bagi warga berkebutuhan khusus.

Sambang Nusa Presisi menjadi salah satu program Polri sebagai sarana silaturahmi antara Ditpolairud dengan masyarakat pesisir yang di dalamnya juga termasuk bakti sosial.

Kapolda berharap dengan kedekatan anggota Polairud dengan warga maka tercipta situasi kamtibmas kondusif di perairan yang mendukung terwujudnya keamanan di laut dan rukun di lingkungan warga pesisir.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin pantau pelipatan surat suara pemilu
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto menyapa warga Tabunganen saat Sambang Nusa Presisi. (ANTARA/Firman)

Sementara Direktur Polairud Polda Kalsel Kombes Pol Andi Adnan Syafruddin mengatakan wilayah pesisir Tabunganen selama ini dikenal sangatlah kondusif dengan karakter masyarakat terbuka.

"Kami mengapresiasi peran semua tokoh masyarakat dan aparatur desa di Tabunganen yang senantiasa bersinergi dengan aparat Kepolisian dalam menjaga kondusifitas kawasan pesisir ini," ucapnya.

Turut hadir menyambut rombongan Kapolda yang tiba di lokasi lewat jalur sungai menggunakan kapal patroli milik Ditpolairud Polda Kalsel, yakni Kapolres Barito Kuala AKBP Diaz Sasongko bersama forkopimda termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala Zulkipli Yadi Noor.

Baca juga: Kapolda Kalsel ingatkan personel jangan lengah jelang pemilu

Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024