Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila menyasar para saksi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

"Saya sengaja menyasar para saksi Pemilu. Karena sukses Pemilu juga merupakan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Sedangkan mempunyai peran penting suksesnya Pemilu," ujar Suripno saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Selasa.Baca

juga: DPRD Kalsel: Saksi turut berperan sukseskan Pemilu 2024

Pemilu salah satu bentuk implementasi sila ke-4 dari Pancasila yaitu "Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan".

Ia berharap/mengingatkan para saksi agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam menyukseskan "pesta demokrasi lima tahunan" atau Pemilu 2024.

Dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau yang dulu dengan sebutan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tersebut menghadirkan narasumber H Sugiarto Sumas.

Pada kesempatan itu, Sugiarto Sumas atau pensiunan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia tersebut menyatakan, bahwa saksi salah satu faktor sahnya pencoblosan dalam Pemilu.
H Sugiarto Sumas (pakai kacamata ) simulasikan pelapor hasil perhitungan suara kepada peserta sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila oleh anggota DPRD Kalsel Suripno di Banjarmasin, Selasa (9/1/24). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Oleh sebab itu, saksi harus betul-betul mengetahui peran tugas pokok dan fungsi (tupoksi) agar pelaksanaan Pemilu tersebut benar-benar sah, ujar Sugiarto.

Karenanya dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut, Sugiarto melakukan simulasi untuk mengetahui sah atau tidaknya pencoblosan serta cara penghitungan hasil pemungutan suara.

"Sebagai pegangan data bagi saksi harus memegang formulir C1 yang juga ditandatangani saksi " demikian Sugiarto seraya mengingatkan pada saat pencoblosan/penghitungan suara pulsa telepon seluler harus terisi.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel: Peran saksi pemilu wujudkan stabilitas nasional

Peserta sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila kali ini fokus para saksi Pemilu 2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di "Kota Seribu Sungai" Banjarmasin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024