Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Suripno Sumas menyebutkan saksi turut berperan mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 terutama saat tahapan penghitungan suara.

Suripno menyampaikan itu sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Banjarmasin, Kalsel, Sabtu.

Suripno juga menyerukan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan Pemilu 2024.

"Karena Pemilu atau dengan kata lain pesta demokrasi salah satu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila terutama Sila Keempat," kata Suripno.

Baca juga: Bawaslu Kalsel awasi melekat kegiatan reses anggota DPRD

Suripno mengatakan masyarakat dapat berperan sebagai saksi saat pencoblosan dan penghitungan suara sehingga turut mensukseskan Pemilu.

Suripno juga mengundang para calon saksi pemilu dari salah satu partai politik di Kota Banjarmasin sebagai bagian dari mengedukasi pendidikan politik.

Anggota DPRD Provinsi Kalsel itu menilai peran saksi sangat penting pada Pemilu sehingga perlu mendapatkan pembekalan melalui sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

"Kami memberikan pembekalan secara teknis dari peran saksi seperti pada tempat pemungutan suara (TPS) menjelang Pemilu," tutur Suripno.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Suripno Sumas Sosper fokus peran saksi Pemilu

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Dedy Shopian menambahkan peran saksi turut menentukan hasil Pemilu serentak 2024 yang jujur dan adil.

"Oleh karena itu, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) saksi tak bisa dianggap sepele," ujar Dedy.

Pada kesempatan itu, Dedy memberikan bimbingan teknis (Bimtek) bagi para calon saksi pemilu dari salah satu partai politik di Banjarmasin agar memahami peran saksi saat pencoblosan dan penghitungan suara.

"Kita harapkan melalui sosialisasi saat ini para calon saksi Pemilu 2024 memahami tentang peranan dan fungsi agar tidak ada kekeliruan saat penghitungan suara nanti," ungkap Dedy.

Baca juga: Warga Banjarmasin harapkan Pemilu 2024 betul-betul "Jurdil"

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023