Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan kegiatan olahraga tradisional lomba balap "jukung" (sampan) dan "balogo" untuk memeriahkan awal 2024.
 
Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Budiono di Banjarmasin, Jumat, menyampaikan olahraga tradisional tersebut memperebutkan Piala Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Baca juga: Kalsel seleksi atlet olahraga tradisional jelang Fornas di Jabar
 
Menurut dia, kemeriahan gelar olahraga tradisional dimulai dengan lomba balap jukung di Sungai MarMartap, Kota Banjarmasin pada 7 Januari 2024.
 
Gelar ini bertema "Lomba Balap Jukung Tradisional Paman Birin 2024" di Sungai Martapura kawasan Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan.
 
"Ini digelar untuk umum, Dispora sebagai pendukung suksesnya kegiatan ini," ujarnya.
 
Tentunya, kata Budiono, jukung merupakan alat transportasi sungai warga Banjar, selain untuk kemeriahan tontonan masmasyara dan untuk melestarikan budaya warga Banjar yang tinggal di bantaran sungai.

Baca juga: Kalsel gelar pekan olahraga tradisional daerah diikuti 900 peserta
 
Kemudian untuk gelar olahraga tradisional Balogo, kata Budiono, diselenggarakan di Kabupaten Barito Kuala atau tepatnya Kecamatan Tamban pada 12-13 Januari 2024.
 
Menurut dia, tema gelar ini adalah "Festival Olahraga Tradisional Balogo Paman Birin Cup 2024" di dukung Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Selatan.
 
Olahraga Balogo merupakan olahraga tradisional rakyat Kalsel, di mana olahraga ini sudah mulai memasyarakatkan dan dilombakan di tingkat nasional seperti di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS).
 
"Jadi ini sebagai pembinaan juga untuk atlet olahraga tradisional di daerah kita," ujar Budiono.

Baca juga: Agustusan dan harjad Kalsel, DPRD gelar lomba olahraga tradisional
 
Olahraga balogo (sampan) di Kalsel. (ANTANTARA-MC Kalsel)
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024