Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Paman Birin Cup 2023 untuk menyeleksi atlet cabang olahraga tradisional terkait persiapan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VII di Jawa Barat.

“Kita adakan festival olahraga rekreasi tingkat daerah ini, ada lima cabang olahraga yang kita seleksi,” ucap Asisten 1 Pemerintah Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Bupati Tapin serahkan bonus peraih medali di Forda Kormi Kalsel

Nurul mengatakan Pemprov Kalsel mendukung kegiatan olahraga termasuk festival olahraga tradisional yang diadakan kali ini.

Ia juga berharap para peserta selalu mengutamakan sportivitas dan dapat memberikan hasil terbaik untuk persiapan Fornas ketujuh di Jawa Barat tahun ini.

“Peserta yang diseleksi nanti saat mewakili Kalimantan Selatan semoga memperoleh hasil,” katanya.

Peserta Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Kalimantan Selatan diselenggarakan selama empat hari pada 9-12 Mei 2023 di Lapangan SKB Mulawarman dan GOR Hasanuddin Banjarmasin.

Baca juga: Forda Kalsel berjalan sukses untuk kesiapan Fornas di Palembang

Festival olahraga daerah tersebut diikuti sebanyak 13 kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono mengatakan ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan pada pelaksanaan Forda tahun ini.

“Yang kita pertandingkan di tingkat daerah ada lima cabang olahraga yakni Gateball, Bola Sundul, Panahan Tradisional dan Bagasing,” ucapnya.

Budiono menuturkan pemenang pada festival olahraga daerah tersebut nantinya diprioritaskan menjadi Duta Kalsel pada ajang Fornas di Jawa Barat.

Baca juga: FORDA E-sports Kalsel 2022 gelar tiga nomor pertandingan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023