Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan melanjutkan program "Gemar Makan Ikan" untuk mendukung upaya penurunan stunting di provinsi setempat.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel Nadiyah saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Kamis, menyampaikan kegiatan Gemar Makan Ikan direncanakan digelar pada 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel.

Baca juga: Bupati Tabalong ajak siswa gemar makan ikan

Menurut Nadiyah, program Gemar Makan Ikan merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat  agar mengkonsumsi ikan untuk memenuhi asupan  gizi.

Lebih lanjut, Nadiyah menyebutkan sasaran program Gemar Makan Ikan terhadap bayi di bawah usia lima tahun atau balita, ibu hamil dan wargal lanjut usia (lansia).

“Jadi kita memberikan stimulus berupa pemberian bingkisan kepada masyarakat kepada ibu hamil ibu menyusui, anak anak balita, yang isinya produk produk perikanan,” kata Nadiyah.

Baca juga: Dinas Perikanan Tanah Bumbu ajak anak-anak gemar makan ikan

Nadiyah menambahkan pihaknya mengajak masyarakat tidak fokus hanya mengkonsumsi ikan laut, namun memakan ikan yang banyak ditemui di daerah, seperti ikan sungai dan ikan air tawar lainnya.

"Kita diharapkan untuk bisa gemar makan ikan yang ada di sekitar kita, artinya lebih untuk mengkonsumsi ikan lokal, tidak hanya terfokus pada ikan kalengan atau dari luar,” ungkap Nadiyah.

Diketahui, Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) menunjukkan stunting Kalsel menurun dari 30 persen pada 2021 menjadi 24,6 persen pada 2022, dengan harapan angka stunting itu dapat terus ditekan hingga target 14 persen pada 2024.

Baca juga: Target Balai Benih Ikan Gunung Manau Diturunkan

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024