Marabahan, (Antaranews Kalsel) – Kepala Dinas  Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan Edy Rosadi mengatakan,  pada tahun 2016  pihaknya telah selesai membangun pembuatan unit pengolahan ikan,  di kawasan Jembatan Rumpiang, Kecamatan Cerbon.
     

“Sejak minggu ketiga September 2016 unit pengolahan ikan mulai dioperasikan,  diawali demo mengolah ikan dari para perajin dan disaksikan  Camat Cerbon Agussalim,” ujar Kadiskanlaut Batola Edy Rosadi, di Marabahan, Senin (26/9).
     
Menurut dia, untuk memanfaatkan keberadaan sarana prasarana tersebut, Diskanlaut Batola mempersilahkan masyarakat mengikuti pembuatan dan pengolahan ikan tersebut.
     
Bahkan, sebut dia,  bagi masyarakat  mengikuti  pembuatan dan pengolahan ikan, Diskanlaut tidak memungut biaya atau gratis.
    
Berkaitan dengan itu, ucap dia, pihaknya membuka kesempatan kepada masyarakat yang berminat untuk mengikuti  mengolah ikan segara gratis.
 
Selain membuat unit pengolahan ikan, terang Edy melalui dana APBD Batola pihaknya juga melaksanakan rehabilitasi kolam ikan menjadi balai pembenihan khususnya,  di Kecamatan Marabahan, Bakumpai, dan Kuripan.
     
Sedangkan untuk kecamatan lainnya, jelas dia,  juga dilaksanakan pembenihan  ikan patin dan lainnya, sehingga  diharapkan lebih memacu upaya pembuatan benih.
    
Lebih lanjut Edy Rosadi menerangkan, Diskanlaut Batola  merupakan perpanjangan tangan sektor kelautan dan perikanan telah melaksanakan sertifikasi atas nelayan  bekerjasama dengan BPN.
    
Dari kegiatan itu, lanjut dia, setiap tahun terdapat 100 sertifikat melalui program Prona  berhasil diterbitkan dan hal itu sangat bermanfaat bagi para petani ikan untuk segala kebutuhan yang berhubungan dengan perbankan.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016