Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil mencetak sebanyak 400 mahasiswa wirausaha dari 10 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti program Wirausaha Merdeka 2023 di kampus unggul di Kalimantan Selatan itu.


"Wirausaha Merdeka selama satu semester sejak bulan Agustus dan berakhir pada Desember 2023 ini telah berhasil mencetak 400 mahasiswa dengan berbagai bekal bisnis," kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Humas dan Sistem Informasi ULM Yusuf Azis di Banjarbaru.

Baca juga: Rektor ULM atensi realisasi program MBKM untuk peningkatan IKU 2

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada tim yang mengelola program Wirausaha Merdeka dan juga para mitra yang menjadi on boarding para peserta tahun ini.


Yusuf berharap alumni program Wirausaha Merdeka dapat meningkatkan produktivitasnya di bidang wirausaha, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pelapor wirusaha yang handal dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.


ULM telah terpilih dua tahun berturut-turut sebagai universitas penyelenggara atau fasilitator program Wirausaha Merdeka. 


Pada tahun ini, ULM menjadi fasilitator program Wirausaha Merdeka untuk kurang lebih 400 mahasiswa dari 10 perguruan tinggi termasuk ULM sendiri. 

Baca juga: Rektor ULM berikan dana apresiasi Rp50 juta untuk akreditasi internasional

Adapun sembilan perguruan tinggi lainya yakni  STIKIP Paris Barantai Kotabaru, Politeknik Negeri Tanah Laut, Universitas Sari Mulia, Politeknik Hasnur, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Ahmad Yani, Universitas Balikpapan SKIP PGRI Sumenep dan Universitas Negeri Makassar.


Program Wirausaha Merdeka merupakan salah satu implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dibuat oleh Kemendikbudristek RI. 


Dalam program ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas bersama di luar perkuliahan, sehingga nantinya menjadi pelaku wirausaha yang cemerlang di samping kompetensi akademiknya.

Baca juga: ULM desain pembangunan kampus di Banua Anam dukung IKN

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023