Balangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, secara resmi menutup gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke X Tingkat Kabupaten, di Lapangan Marthasura Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Sabtu (24/9) malam.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengungkapkan rasa senang dan bangganya, karena gelaran MTQ ke X berhasil dilaksanakan dengan aman, meriah dan sukses.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ kali ini, baik kepada seluruh warga Balangan, dan khususnya kepada tuan rumah yaitu Kecamatan Paringin," ujarnya.

Agar gelaran MTQ memberi pengaruh yang positif bagi semua orang, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen, dan akhirnya dapat dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat ke depan, jelasnya.

lebih lanjut Bupati berpesan kepada para Kafilah, agar terus meningkatkan syiar Al Qur'an dan membudayakan dalam kehidupan umat Islam di "Bumi Sanggam".

"Baik kepada para juara maupun yang belum berhasil meraih prestasi pada kesempatan ini, jangan berkecil hati, semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Islam," sampainya.

Sementara itu, Camat Paringin, sekaligus ketua pelaksana MTQ ke X, Agus Muslim menyampaikan, keberhasilan pelaksanaan merupakan kerja keras seluruh tim panitia.

"Keberhasilan dan kesuksesan acara MTQ ini, merupakan kerja keras tim panitia dan dukungan Pemerintah Kabupaten Balangan, serta para perusahaan yang ada di "Bumi Sanggam", sebutnya.

Selain kejuaraan yang di ikuti oleh para kafilah, Panitia MTQ juga mengumumkan hasi lomba hias desa dan hias tingkat Rukun Tetangga (RT) se Kecamatan Paringin dalam menyambut gelar MTQ di Paringin.

Dimana juara Desa yaitu Desa Kalahiyang sebagai juara satu, dilanjutkan Desa Layap, Desa Balida, Desa Lamida Bawah, Desa Babayau.

Dan untuk tingkat RT, yaitu RT 5 Paringin Timur, dilanjutkan, RT 6 Paringin Timur, RT 8 Paringin Kota, RT 3 Paringin Timur, RT 7 dan RT 6 Paringin Kota, dengan hadiah jutaan rupiah.

Penutupan gelar Musabaqah Tilawatil Qur'an ke X Tingkat Kabupaten Balangan, semakin meriah dengan acara puncak gemerlap kembang api serta hiburan dari grup vokal islami karya anak Paringin serta kehadiran dan penampilan Endah KDI.

Penutupan MTQ sendiri dihadiri oleh para kepala dinas, para dewan hakim, Kepala Kemenag, Kepala LPTQ Balangan, Forum FKUB, Para Anggota Dewan, FKPD Balangan, serta ribuan warga dan kafilah yang menyaksikan acara penutupan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016