Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) membagikan kacamata kepada murid SD Negeri Mabuun 1 Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Para murid SD tersebut diminta mengisi daftar untuk menerima bantuan kacamata gratis dari tim YABN dengan disaksikan sejumlah guru.

Baca juga: PASS tingkatkan perekonomian Ponpes Nurul Muhibbin Halong

Siswa kelas 4A SD Negeri Mabuun 1 Nur Aulia mendapat giliran pertama menerima kacamata gratis dari Program Adaro Aksa Terang guna menanggulangi gangguan refraksi bantuan kacamata gratis bagi siswa dan tenaga pendidik di Kabupaten Tabalong.

Program tersebut digulirkan PT Adaro Energy Indonesia dan YABN bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia-Seksi Penanggulangan Gangguan Refraksi (PERDAMI-SPGR).

Sambil tersenyum bahagia Aulia langsung  mengenakan kacamata minus yang diterimanya dan kembali duduk bergabung dengan siswa lainnya yang menunggu giliran.

Saat ditanya, Aulia mengaku bisa melihat lebih jelas dengan dibantu kacamata minus dan tidak merasa malu meski harus berkacamata.

"Sekarang jadi lebih jelas, dulu kalau duduk di belakang tulisan di papan tulis terlihat kabur," ungkap Aulia.

Baca juga: Motivasi, kunci Tatik Widyastuti bentuk siswa kritis dan sukai sains

Selain Aulia tercatat sebanyak 54 siswa di SD Negeri Mabuun 1 mendapat bantuan kacamata gratis setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan mata untuk siswa kelas 4, 5 dan 6 oleh para guru yang telah dibekali teknik deteksi dini gangguan refraksi mata oleh PERDAMI yang difasilitasi tim YABN.

Tim YABN melalui program Nyalakan Raga Jumat kemarin selain ke SD Negeri Mabuun 1 juga membagikan kacamata gratis ke SD Negeri Pembataan 2 Kecamatan Murung Pudak dengan jumlah siswa penerima bantuan sebanyak 80 orang.

"Kami berharap dengan pemberian kacamata ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan memaksimalkan potensi anak usia sekolah dasar dalam aktifitas sehari-hari," jelas Mudmainah dari Adaro Nyalakan Raga YABN di Tabalong, Sabtu.

Tahun ini pemberian kacamata gratis menyasar ke delapan sekolah di Kabupaten Tabalong dengan total siswa dan guru penerima bantuan sebanyak 307 kacamata.

Program pemberian kacamata gratis Adaro bersama PERDAMI-SPGR di Kabupaten Tabalong mencakup SDN Mabuun 1, SDN Cakung Permata Nusa, SDN Kasiau, SDN Sulingan , SDN Mantuil, SDN 1.2 Belimbing Raya, SDN 3 Belimbing Raya dan SDN 2 Pembataan.

Baca juga: Adaro Nyalakan Ilmu ciptakan guru PAUD berkarakter
 
Para siswa dan guru SD Negeri Mabuun Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong foto bersama tim YABN dalam program bagi-bagi kacamata gratis bantuan PT Adaro Energy Idonesia bersama PERDAMI. (ANTARA/HO-YABN)

Kehadiran program ini sebagai upaya penanggulangan gangguan refraksi yang dilakukan oleh Adaro bekerjasama dengan PERDAMI.

Salah satu guru SD Negeri Mabuun 1 Erna Farida Sinaga mengaku sangat senang para siswa didiknya bisa melihat lebih jelas setelah mendapat bantuan kacamata gratis ini.

"Berkat sosialisasi dari Adaro anak-anak jadi lebih percaya diri memakai kacamata dan bisa melihat dengan baik," ungkap Erna.

Guru kelas 6 ini juga berharap program serupa bisa berlanjut sehingga lebih banyak lagi siswa sekolah dasar yang mengalami gangguan refraksi bisa mendapat bantuan kacamata gratis.

Baca juga: Asa Adaro percepat turunkan stunting di Bantaran Sungai Barito

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023