Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) sekaligus perayaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 yang mengusung tema "Cinta".
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan tema kedua peringatan ini mencerminkan komitmen bersama sebagai bagian dari masyarakat inklusif dan peduli terhadap keberagaman di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Perhatian Banjarmasin bagi disabilitas jelang peringatan HDI 2021
 
Menurut dia, Kota Banjarmasin merupakan kota yang ramah disabilitas. Banjarmasin cinta disabilitas untuk memberikan hak-haknya seperti yang didapat manusia normal lainnya.
 
Pada momentum peringatan HDI 2023, kata Ibnu Sina, juga menguatkan Kota Banjarmasin sangat peduli terhadap kaum disabilitas, dimana perhatian ini juga dituangkan dalam peraturan daerah.
 
Pemkot dan DPRD Kota Banjarmasin telah mensahkan Perda Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.
 
"Ini bagian curahan cinta kita terhadap mereka, termasuk cinta yang digelorakan terhadap warga Kota Banjarmasin untuk kesetiakawanan sosial agar semakin mempererat pilar-pilar sosial," katanya.

Baca juga: KNPI bagikan daging kurban ke penyandang disabilitas dan pekerja yang di PHK
 
Dia mengamanatkan di tahun politik ini, pilar-pilar sosial maupun unsur-unsur yang ada di masyarakat harus tetap terjaga agar tidak menyebabkan keretakan sosial.
 
"Pilihan boleh beda, tetapi tetap ada yang mempersatukan kita, yaitu pilar-pilar sosial," ujarnya.
 
Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 yang diselenggarakan Pemkot Banjarmasin di Hotel Banjarmasin Internasional, ditampilkan berbagai kemeriahan, di antaranya anak-anak yang punya keistimewaan (down syndrome) melalui tarian  maupun fashion show.

Baca juga: Irma Suryati telah rangkul 3.000 difabel jadi mitra bisnisnya

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023