PT Borneo Indobara (BIB) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, meraih penghargaan "Tamasya Award" dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas kinerja program pemberdayaan pengembangan masyarakat (PPM) selama periode 2023.

"Sebelumnya PT BIB bersaing dengan perusahaan batubara lain yang ada di Indonesia, salah satunya PT KPC dan PT BA," kata General Manager Empowerment & Sustainability PT BIB Dindin Makinudin, di Batulicin, Senin.

Baca juga: Lima sekolah di Tanah Bumbu raih penghargaan Adiwiyata

Dindin mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan bergengsi tingkat nasional dan pertama dilaksanakan oleh kementerian ESDM yang diikuti oleh puluhan perusahaan dibidang mineral dan batubara seluruh Indonesia.

Dalam ajang tersebut, ditampilkan 15 standbooth perwakilan terpilih dari perusahaan mineral dan batubara.

"Alhamdulillah PT BIB mendapatkan standbooth untuk menunjukkan produk-produk UMKM termasuk juga kesenian dari kelompok seni yang dibina oleh PT BIB," kata Dindin.

Diantaranya kelompok dayak meratus (Kmdatus) yang menampilkan kesenian khas daerah kalsel (music sape dan beberapa tarian khas) serta kesenian anyaman gelang simpai yang dianyam langsung di tangan oleh warga asli dayak.

Sedangkan produk-produk yang ditampilkan di dalam ajang tersebut disambut positif oleh pihak kementerian terutama dari plt Dirjen Mineral dan Batubara Bambang Suswantono serta dari Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara Ir. Muhamad Hendrasto.

Baca juga: 140 mahasiswa ULM berprestasi nasional terima penghargaan

"Kami berharap, setelah mendapatkan penghargaan ini PT BIB dapat menjadi sumber inspirasi karyawan PT BIB sendiri untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layanan dan dapat terus berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan ekonomi dan berkelanjutan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Total penghargaan yang telah diraih oleh PT BIB melalui program pemberdayaan pengembangan masyarakatnya sejak 2018-2023 sebanyak 61 penghargaan baik tingkat nasional maupun tingkat Asean.

"Dalam penghargaan tersebut PT BIB dihadiri oleh COO PT BIB R. Utoro, beliau yang langsung menerima penghargaan oleh plt Dirjen Mineral dan Batubara di dampingi KTT PT BIB Riadi Simka Pinem," tutup Dindin.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023