Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan aparatur sipil negara (ASN) yang purna tugas masih tetap dibutuhkan untuk memberikan masukan dan saran.

"Selesai mengabdi di pemerintahan bukan berarti selesai juga berperan dalam hal lain, karena kembalinya ASN ke masyarakat mereka tetap bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Kota Banjarbaru," kata Aditya saat pelepasan ASN purna tugas di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Wali Kota Aditya terima dua kategori penghargaan Meritokrasi dari KASN

Menurut Aditya, ASN purna tugas kembali menjadi masyarakat biasa namun pemikiran, ide, saran dan masukan mereka tetap dibutuhkan untuk membangun Banjarbaru pada masa mendatang.

Aditya menekankan pensiunan ASN memang sudah selesai mengabdi dan mendedikasikan diri untuk pemerintah, namun tetap mengabdi untuk masyarakat melalui berbagai wadah pengabdian di lingkungan masyarakat sekitarnya.

Aditya sempat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada ASN yang telah menyelesaikan tugas karena telah berdedikasi tinggi bagi masyarakat Banjarbaru.
 
"Kami secara pribadi maupun atas nama pemerintah kota, berterima kasih atas dedikasi, loyalitas dan pengorbanan yang sudah dilakukan ASN semoga semuanya membawa berkah dalam kehidupan," ujar Aditya.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru minta ASN perkuat kompetensi digital

Sementara itu, jumlah ASN Pemkot Banjarbaru yang telah purna tugas dan dilepas Wali Kota Aditya dan Sekretaris Daerah Said Abdullah sebanyak 180 orang terdiri dari 178 orang PNS dan dua PPPK yang pensiun dengan sebab yang beragam.
 
Perinciannya, pensiun batas usia pensiun sebanyak 140 orang, pensiun meninggal dunia (12 orang), pensiun permintaan sendiri (20 orang) dan pensiun tidak cakap jasmani/rohani (delapan orang).
 
Pelepasan ASN purna tugas diisi penyerahan sertifikat purna tugas dan kenang-kenangan kepada ASN yang telah berbakti dalam berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, keuangan sehingga mereka diberi penghormatan yang pantas sebagai bentuk terima kasih atas dedikasi.

Baca juga: ASN Pemkot Banjarbaru berikrar netral pada Pemilu 2024
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023