Pemerintah Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan mencatat raihan jaminan pembiayaan keeehatan atau “Universal Health Coverage” (UHC) mencapai 95,11 persen atau melebihi batas yang disyaratkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebesar 95 persen.

“Cakupan UHC di Tanah Laut menyentuh angka 95,11 persen per 1 Oktober 2023,” kata Penjabat Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman di Pelaihari, Minggu.

Baca juga: Dinkes Tanah Laut jamin pelayanan kesehatan 123.495 warga kurang mampu

Jaminan pembiayaan kesehatan tersebut, ujar Syamsir, merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dengan BPJS Kesehatan yang menyasar masyarakat.

“Pencapaian 95,11 persen itu menunjukkan, peserta terdaftar BPJS Kesehatan sebanyak 340.609 jiwa,” ujar Syamsir.

Lebih lanjut, dia mengemukakan UHC menjadi salah satu kebijakan diambil Pemkab Tanah Laut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat demi pembangunan sumber daya masyarakat pada bidang kesehatan.

Bahkan, terang dia, Pemkab Tanah Laut menerima penghargaan UHC Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI pada 2023.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan juga mendapatkan Piagam UHC 2023 dari BPJS Kesehatan karena mendaftarkan 96 persen penduduk pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca juga: Sekda Tanah Laut: Kebahagiaan jadi salah satu cara jaga kesehatan

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin menyebutkan saat ini sebanyak 187.359 orang dari total 196.412 penduduk di Kabupaten Tapin telah terdaftar sebagai peserta program JKN.

“Artinya, sebesar 95,39 persen masyarakat Kabupaten Tapin sudah dipastikan memiliki jaminan kesehatan sehingga tidak perlu lagi memiliki rasa takut untuk berobat apabila memang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Syaripuddin.

Ia mengatakan penghargaan Piagam UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Syarifuddin mengungkapkan tindakan pemerintah daerah tersebut merupakan komitmen upaya memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh  masyarakat Kabupaten Tapin.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023