Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah menggelorakan semangat untuk mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan zionis Israel yang ingin menguasai negara muslim itu.
 
"Kita dukung bersama kemerdekaan bagi negara Palestina hingga bebas dari penjajahan zionis Israel," ujar Said saat memimpin doa pada aksi bela Palestina dihadiri ribuan orang di Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Wali Kota Aditya terharu antusiasme warga Banjar dukung aksi Palestina
 
Menurut Said, Palestina merupakan negara merdeka yang memiliki satu wilayah tetapi tidak diakui Israel dan negara barat lainnya yang justru ingin menguasai negeri muslim di kawasan Asia Barat itu.
 
Sebelum mendoakan seluruh rakyat Palestina dari penjajahan Israel, Said menyampaikan akhlak umat Islam yang diperlihatkan tentara Hamas saat membebaskan tawanan warga negara Israel tanpa luka sedikit pun.
 
"Prajurit Hamas memperlihatkan kepada dunia tentang akhlak umat Islam yang melindung tawanan dan tidak kurang suatu apa. Sebaliknya warga Palestina yang dibebaskan Israel babak belur," ungkap Said.
 
Said juga menegaskan pernyataan balasan dari zionis Israel yang telah meminta rakyat Palestina pindah sukarela ke negara-negara Arab lain seperti Irak, Yaman dan Turki agar bisa menguasai negeri Palestina.
 
"Kami dari bumi Banjarbaru, Kalsel menyampaikan kepada PBB maupun negara Barat lain agar seluruh warga Israel pindah sukarela ke negara seperti Amerika, Inggris, Perancis dan Jerman," tegas Said.

Baca juga: Hukum internasional jadi solusi hentikan agresi Israel ke Palestina
 
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun berterima kasih atas dukungan warga Kota Banjarbaru dan sekitarnya terutama rakyat Indonesia yang telah peduli mendukung kemerdekaan Palestina.
 
"Insya Allah, atas dukungan seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Kota Banjarbaru, Palestina segera merdeka. Kami berterima kasih atas solidaritas dan bantuan yang telah diberikan," ujar Zuhair di sela aksi.
 
Zuhair memastikan dukungan kemanusiaan dari Kota Banjarbaru sampai dan tepat sasaran kepada masyarakat Kota Gaza yang menjadi korban perang hingga menderita kelaparan dan kesusahan.
 
Aksi bela Palestina yang dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru dengan tema "Gunakan Hati Nurani Untuk Peduli Palestina" diawali Shalat Subuh berjamaah dilanjutkan jalan sehat di kawasan Murdjani.
 
Aksi bela Palestina yang diikuti ribuan orang dihadiri Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin, unsur Forkopimda, Wakil Wali Kota Wartono, pimpinan DPRD, serta pimpinan SKPD Pemkot Banjarbaru.
 
Baca juga: Dubes Palestina terharu lihat aksi solidaritas warga Banjar
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023