Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun mengaku terharu melihat antusias dan aksi solidaritas masyarakat Banjar Provinsi Kalimantan Selatan yang menyuarakan kemerdekaan bagi rakyat Palestina,

“Saya bangga melihat antusias yang tinggi dari masyarakat Kota Banjarbaru, meskipun cuaca sangat panas tidak menyurutkan semangat kalian. Atas nama Palestina, kami mengucapkan terima kasih,” kata Zuhair saat memberikan orasi kemanusiaan untuk dukungan kemerdekaan Palestina di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu.

Baca juga: Dubes Palestina tegaskan konflik Gaza murni penjajahan manusia

Zuhair mengungkapkan prihatin melihat kondisi Kota Gaza hancur lebur. Menurutnya, suara kemerdekaan dari Indonesia sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi Palestina seperti sebelumnya.

“Saya harus jujur mengungkapkan isi hati ini, saya terharu melihat aksi solidaritas hari ini. Aksi damai ini sangat berarti bagi warga korban perang di Palestina,” ujar Dubes Palestina.

Pada kesempatan itu, Dubes Palestina menyampaikan orasi kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan bernilai ratusan juta rupiah juga diterima dari para donatur untuk disalurkan kepada warga Kota Gaza yang terdampak perang.

Pantauan Antara di lokasi aksi Palestina, ribuan warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menggelar aksi damai dengan mengenakan bendera syal dan stiker untuk menyuarakan kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

Sejumlah orang tua dan anak-anak mengikuti aksi damai tersebut untuk mendukung kemerdekaan bagi warga korban perang di Gaza, Palestina agar terbebas dari kekejaman perang.

Baca juga: Dubes Palestina optimis Palestina segera merdeka karena dukungan Indonesia

Ribuan masyarakat dan relawan dari berbagai elemen serta jajaran Pemerintah Kota Banjarbaru melaksanakan pawai akbar di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Peserta aksi damai memulai kegiatan dengan melaksanakan pawai akbar, dilanjutkan dengan orasi kebangsaan di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Dubes Palestina hadir di Kalimantan Selatan untuk mengikuti sembilan rangkaian kegiatan mulai Minggu pagi hari hingga sore hari di Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin bersama Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Banjarbaru menerima kehadiran Zuhair Al-Shun di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Sabtu kemarin.

Baca juga: Wali Kota Aditya sambut kedatangan Duta Besar Palestina di Banjarbaru
 

Pewarta: Tumpal Aritonang Andani

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023