PT Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menambah 2,85 kilometer saluran pipa guna meningkatkan distribusi air bersih untuk kebutuhan warga di Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

“Pipa air di kawasan ini mengalami kebocoran 40 persen, perbaikan sudah mencapai 74 persen, dan kami targetkan selesai pada pertengahan Desember 2023,” kata Direktur Operasional PAM Bandarmasih Edwarsyah di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Saluran air di selatan dan barat Banjarmasin berhenti empat jam

Ia menyebutkan pipa air itu berdiameter 315 mm dengan panjang 2,1 kilometer dan pipa berdiameter 160 mm dengan panjang 0,75 kilometer.

“Pelaksanaan proyek ini meninggalkan bekas galian di tengah jalan umum, tentu kami tidak ingin masyarakat terganggu. Kami upayakan pada Desember nanti seluruh jalan yang terdampak galian pipa sudah di aspal dan pulih seperti semula,” ucapnya.

Edwarsyah mengakui bekas galian pipa itu lebih dari dua kilometer sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas pengguna jalan. Kendati sudah di aspal sekitar 300 meter, proses pemulihan jalan belum sepenuhnya selesai karena terdapat beberapa kendala teknis.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat bersabar menunggu hingga proyek pipa air tersebut selesai pengerjaan. Meskipun saat ini kondisi air di kawasan itu tidak terlalu bagus, pihaknya mengupayakan perbaikan pipa air selesai dua pekan mendatang.

Baca juga: PAM Bandarmasih nyatakan keuangan sehat dengan laba Rp22 miliar

Ia menyampaikan permohonan maaf dari PAM Bandarmasih terkait dampak kerusakan jalan yang ditimbulkan proyek pihaknya. Menurutnya, setiap pelaksanaan pembangunan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Edwarsyah menjelaskan sebelum proyek pipa air itu dikerjakan, pihaknya terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada warga sekitar. Hal itu berkaitan dengan jika terdapat ketidaknyamanan dari masyarakat, maka dapat segera melapor ke pihaknya.

Kemudian, jika masyarakat menemukan petugas proyek tidak mengutamakan kenyamanan masyarakat sekitar, dipersilahkan juga menyampaikan keluhan langsung ke kantor PAM Bandarmasih.

“Saat ini kami fokus perbaikan pipa air di kawasan Jalan HKSN Banjarmasin Utara, semoga selesai tepat waktu,” ujar Edwarsyah.

Baca juga: PDAM Bandarmasih resmi beralih status jadi PT Air Minum

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023