Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos), bansos tersebut dengan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan beras sejahtera daerah.

Penyaluran program bansos tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, dirangkai pengibaran bendera pelepasan armada angkutan beras sejahtera daerah.

"PRS dan beras sejahtera daerah adalah langkah konkret pemerintah dalam mendukung pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, mengatasi berbagai masalah sosial, termasuk pengurangan kemiskinan ekstrim," kata Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah, di pendopo kabupaten, Kandangan, Selasa.

Baca juga: PJ Bupati HSS harapkan kemiskinan ekstrem di tahun 2024 dapat diturunkan

Dijelaskan dia, semua program tersebut menjadi upaya dan bagian dari komitmen Pemkab HSS, untuk menjadikan Kabupaten HSS sebagai kabupaten terbaik tanpa kemiskinan ekstrim, meningkatkan kesejahteraan dan keamanan pangan.

Bansos PRS untuk APBD perubahan tahun anggaran 2023 sebagai prioritas program bansos untuk masyarakat sebagai kebijakan Pj Bupati HSS dalam rangka untuk membantu masyarakat yang belum beruntung.

"Mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan berkontribusi untuk pengentasan kemiskinan ektrem di HSS tahun 2024, yang ditargetkan Pemerintah Pusat harus nol persen yang akan disalurkan kepada 252 KPM se-HSS," paparnya.

PRS  dengan jumlah anggaran Rp4.410.000.000,- dan masing-masing KPM akan menerima Rp17,5 juta dengan perincian untuk pembelian bahan bangunan, peningkatan sanitasi, upah tukang dan konsumsi gotong royong, sementara beras sejahtera menyasar 2.709 KPM

Baca juga: Bupati HSS serahkan bansos UEP tiga kecamatan wilayah Daha

Pj Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan berterima kasih kepada Dandim 1003 HSS dan Baznas yang turut bersinergi dalam program bedah rumah, kerjasama diakui turut membantu mengatasi berbagai tantangan sosial di Kabupaten HSS.

"Beras sejahtera daerah juga berperan dalam mengatasi invasi daerah, dan dana akan terus kita gelontorkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Tak lupa, atas nama Pemkab HSS berterima kasih kepada potensi sosial Dinsos Kabupaten HSS, yang telah berperan aktif dalam melaksanakan program-program ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023