Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan(SPHP) "Beras Thailand", jadi salah satu bahan pokok yang diminati warga sasaran gelar pangan murah Toko Tani Indonesia (TTI), Dinas Ketahanan Pangan Hulu Sungai Selatan (HSS) menggandeng Bulog Barabai.

Selain beras SPHP, pangan diminati lainnya seperti beras organik BumDes Bakti Gambah Dalam Barat, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, telor ayam,garam dan pangan lainnya dengan harga relalif lebih murah dari harga pasar.

"Sangat dirasakan manfaatnya pasar murah ini dalam membantu masyarakat kami, di tengah gejolak harga di masa sekarang," Kepala Desa Baru Kecamatan Sungai Raya Muhtasar, dalam keterangan mengutip pers release Diskominfo HSS, di Baru, Ahad.

Baca juga: Bazar pangan murah HSS sediakan bahan pokok harga murah terjangkau

Selain itu, menurut dia pasar murah ini membantu akses masyarakat yang jauh dari pasar, serta diharapkan dapatmeringankan beban masyarakat ditengah kondisi ekonomi yang masih sulit sekarang.

Serta, agar kedepannya diharapkan kegiatan serupa kembali dilaksanakan, dan mampu menjadi salah saru sarana dalam upaya pengendalian gejolak harga bahan pokok yang ada di tengah masyarakat.

"Saya sebagai warga Baru sangat senang dan berterima kasih atas adanya pasar murah ini, kami dapat berbelanja bahan pangan pokok dengan harga murah terjangkau," kata warga Desa Baru Fatimah.

Baca juga: Polres HSS gelar pengobatan gratis guna jaga situasi jelang pemilu

Diketahui, gelar pangan murah TTI di Desa baru menjadi titik putaran ke-80 dari rencana 86 rencana titik lokasi pelaksanaan gelar pangan murah di HSS selama Tahun 2023.

Gelar pangan murah TTI datang melayani masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pokok rumah tangga dengan harga relatif lebih murah dari harga pasar.

Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga pangan serta penanganan inflasi daerah, di mana Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Perum Bulog Wilayah Barabai.

Baca juga: Gelar pangan murah TTI HSS sasar ke-48 dari 86 titik

Adapun untuk harga pangan yang disediakan antaralain, gula Rp16.500,- per kilogram, minyak goreng refil satu liter Rp15 ribu, botol satu liter Rp15.500,-, bawang merah Rp24 ribu per kilogram.

Kemudian, bawang putih Rp30 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp28 ribu per kilogram, asam Jawa Rp5 ribu per bungkus, garam untuk dua bungkus Rp4.500,- dan tiga bungkus Rp6.500,-.

Kemudian, kecap refil tanggung Rp9 ribu per bungkus, beras SPHP Rp54 ribu per lima kilogram, serta sabun cuci puring mama lemon Rp4 ribu per bungkus.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023