Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memfokuskan perbaikan akses jalan menuju lokasi wisata menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

“Kami utamakan keselamatan dan keamanan pengguna jalan saat libur Nataru. Kami menargetkan sebelum 20 Desember 2023, akses jalan ke lokasi wisata sudah selesai untuk mengantisipasi kepadatan arus jalan di daerah tertentu,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Pos Natal-Tahun Baru Polresta Banjarmasin bakal dongkrak vaksinasi 80 persen

Setelah libur Lebaran pada April 2023, ia mencatat beberapa kerusakan pada jalan umum sehingga menjadi fokus dinas terkait memperbaiki akses jalan yang menghubungkan kabupaten dan kota terutama di kawasan wisata yang biasanya padat saat libur Nataru.

“Kami mempunyai forum lalu lintas angkutan, forum ini intens memeriksa ruas jala yang membutuhkan perbaikan guna menghindari kemacetan dan kecelakaan. Kemudian untuk jalan yang rusak parah tidak bisa cepat karena membutuhkan perawatan jangka panjang,” ucapnya.

Dia menuturkan forum lalu lintas angkutan itu terdiri dari beberapa lembaga terkait, beberapa di antaranya Dishub Kalsel, Polri, Dinas PUPR Kalsel, dan SKPD terlibat lainnya.

Fitri menjelaskan berdasarkan pengalaman libur Nataru tahun sebelumnya, arus lalu lintas Kalimantan Selatan tidak terlalu padat di perkotaan. Namun, kawasan wisata diperkirakan padat dikarenakan bersamaan dengan libur panjang pelajar dan mahasiswa yang berdampak pada meningkatnya kunjungan wisata.

Ia mengatakan pihaknya berkomunikasi secara intens dengan pihak Dinas PUPR dan Balai Jalan provinsi setempat untuk memastikan perbaikan jalan prioritas selesai sebelum libur Nataru. 

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel dukung PPKM level III liburan Natal dan Tahun Baru

Sebagai bentuk antisipasi kepadatan jalan saat libur, pihaknya menggandeng para pengelola wisata dalam hal pengaturan lalu lintas jalan di kawasan wisata.

Kemudian untuk armada transportasi darat, Dishub Kalsel melaksanakan pemeriksaan rutin per minggu ke terminal-terminal untuk memastikan kebutuhan transportasi umum bagi masyarakat tidak ada kendala.

Pada akhir November 2023, tim forum lalu lintas angkutan melaksanakan kunjungan ke lokasi wisata pada 13 kabupaten dan kota terkait pemeriksaan keamanan dan kesiapan sarana maupun prasarana saat libur Nataru.

Meskipun libur Nataru bertepatan dengan hari perhubungan darat nasional, Dishub Kalsel tidak mempersiapkan agenda secara khusus karena lebih fokus menyelesaikan perbaikan sarana jalan di beberapa titik yang masih mengalami kerusakan.

“Saat ini beberapa proyek sudah dikerjakan lembaga terkait, semoga bulan depan sudah selesai untuk menghadapi arus lalu lintas jelang libur Nataru,” ujar Fitri.

Baca juga: Tim SAR Brimob jaga Pantai Takisung selama liburan natal dan tahun baru

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023