Kepolisian Resor Kota Banjarbaru, Polda Kalimantan Selatan berupaya menciptakan pemilihan umum yang damai dan adil sehingga terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.
 
Salah satu caranya mengundang berbagai pihak baik Forkopimda, KPU dan Bawaslu, perwakilan partai politik dan masyarakat pada "Ngopi Bakisahan" dalam suasana santai di sebuah kafe di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: Kapolres Tabalong: Polri harus netral tak memihak siapapun
 
"Kami mengundang berbagai pihak membahas dan menerima masukan sehingga dapat bersama-sama mewujudkan pemilu damai, adil dan lancar," ujar Wakapolres Banjarbaru Kompol Winda Adhiningrum.
 
Menurut Winda, selain memastikan kelancaran pesta demokrasi tahun 2024 itu, jajaran Polres Banjarbaru juga siap bersikap netral dengan tidak memihak kepada salah satu kontestan atau peserta pemilu.
 
Ditekankan, sikap netral itu sejalan dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta secara tegas agar setiap anggota PP Polri menjaga netralitas pada pemilu serentak 2024 mendatang.
 
"Tentunya, arahan Kapolri itu menjadi atensi penuh seluruh jajaran anggota Polri di Polres Banjarbaru dan kami siap menjaga keamanan maupun kelancaran pemilu demi kamtibmas yang kondusif," tegas Winda.
 
Wakapolres juga meminta peran aktif masyarakat dalam mewujudkan pemilu damai, adil, tertib dan lancar karena menjaga situasi kamtibmas bukan hanya tugas kepolisian tetapi juga perlu dukungan masyarakat.
 
Ditambahkan Kepala Bagian Operasi Polres Banjarbaru Kompol Indra Agung Perdana Putra, masyarakat diharapkan berperan terutama dalam mengantisipasi dan melawan jika terjadi kejahatan digital.

Baca juga: Kapolres Batola ajak parpol bahas kampanye Pemilu
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat terutama generasi muda memantau dan mengawasi informasi maupun pemberitaan soal pemilu di dunia maya. Jika menemukan berita hoax jangan ikut menyiarkan," pesannya.
 
Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah mengapresiasi acara yang digagas Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah dan berharap penyelenggaraan pemilu di Banjarbaru aman dan kondusif.
 
"Mulai dengan niat baik dan tentu didukung seluruh pihak sehingga pemilu berjalan tertib, aman dan lancar serta hasilnya juga dapat diterima seluruh pihak dengan baik dan lapang dada," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023