Kapolres Barito Kuala (Batola) Kalimantan Selatan AKBP Diaz Sasongko mengajak para pimpinan partai politik (parpol) untuk duduk bareng menjalin silaturahmi dan membahas tahapan kampanye Pemilu 2024.

"Dalam suasana informal bertajuk Ngupi Bakisahan ini kami harapkan semua parpol bisa saling menguatkan komitmen untuk menciptakan pemilu sejuk dan damai terkhusus ketika memasuki tahapan kampanye," kata dia di Marabahan, Kalimantan Selatan, Rabu.

Baca juga: Bawaslu Kalsel gandeng forum warga masifkan pengawasan partisipatif

Diaz mengatakan kampanye menjadi tahapan cukup rawan ketika semua parpol menunjukkan kekuatan politik untuk menarik massa.

Misalnya kampanye rapat umum yaitu metode kampanye di tempat terbuka tanpa pembatasan jumlah massa.

Oleh karena itu, dia berharap potensi gesekan bisa dicegah dengan tetap menciptakan kampanye tertib aturan dan mengedepankan semangat pemilu sejuk dan damai.

Kemudian Diaz juga mengingatkan perilaku kampanye di dunia maya melalui media sosial agar menerapkan prinsip sama, yakni kampanye santun tanpa saling serang apalagi ujaran kebencian.

Baca juga: Polres Barito Kuala jaga gudang logistik pemilu 1x24 jam

Kapolres menegaskan pula pentingnya kolaborasi antara Forkopimda dan seluruh pemangku kepentingan pemilu demi kelancaran Pemilu 2024 dalam suasana kondusif.

Pada kesempatan itu, anggota KPU Barito Kuala Ahmad Gafuri berpesan agar parpol dan para calon legislatif bisa mengikuti seluruh aturan yang ada termasuk selama masa kampanye yang dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Sedangkan anggota Bawaslu Barito Kuala Fakhruraji mewanti-wanti peserta pemilu jangan sampai melakukan pelanggaran yang bisa berdampak pada sanksi hingga terberat berupa diskualifikasi.

Diketahui KPU Barito Kuala menetapkan sebanyak 367 daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2024 yang memperebutkan 35 kursi dari 5 daerah pemilihan (dapil) di kabupaten yang memiliki 234.988 orang pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga: KPU Kalsel terima 38.415 kotak suara dimuat dalam 11 kontainer

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023