Tanjung (Antaranews Kalsel) - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Maburai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar pelatihan pertukangan bagi narapidana atau warga binaannya.


Kepala Lapas Maburai Teguh Suroso di Tanjung, Selasa mengatakan pelatihan pertukangan kayu bagi warga binaan ini untuk membentuk manusia mandiri dan dapat berperan aktif di masyarakat.

"Pelatihan pertukangan kayu ini kita gelar bekerjasama PT Adaro Indonesia diikuti 25 warga binaan guna meningkatkan keterampilan dan kemandirian narapidana," jelas Teguh.

Selama 15 hari para warga binaan mendapatkan pelatihan pertukangan kayu dengan melibatkan instruktur dari Pusat Latihan Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat.

Manager CSR PT Adaro Indonesia Ideham Kurniawan mengatakan pihaknya juga mendatangkan seniman dari Desa Warukin untuk membantu pembinaan para narapidana.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong Abdul Muthalib Sangadji dalam sambutannya berpesan kepada para warga binaan bisa memfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya karena bisa menjadi bekal keterampilan setelah berbaur dengan masyarakat nantinya," jelas Sangadji.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalsel Imam Suyudi.

Hadir pula kepala Divisi Administrasi Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalsel Kemas Hamzah.

"Saya berharap warga binaan bisa terampil dan lebih produktif setelah mengikuti pelatihan ini," kata Imam.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016