Danrem 101/Ant Brigjen Ari Aryanto bertekad memperbaiki infrastruktur hingga membahagiakan masyarakat dalam upaya turut serta membantu pemerintah, termasuk dalam memajukan dunia pendidikan di daerah.

Komitmen dan langkah dari danrem ini juga mendapat dukungan dari PT Antang Gunung Meratus (AGM), yang berbetulan juga bertanggung jawab dalam bidang sosial kemasyarakatan.

"Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi bantuan untuk rehabilitasi sekolah dari PT AGM, menjadi upaya kita bersama berbuat membahagiakan masyarakat dan membantu pemerintah," kata Ari dalam keterangan, mengutip pers release Humas PT AGM, di Banjarmasin, Selasa.
 
Manager CSR PT AGM, Felix didampingi Suptend Government Relation PT AGM Achmad Syahdeni menyerahkan
secara simbolis bantuan rehabilitasi sekolah diterima Danrem 101 Antasari Brigjend Ari Aryanto,
di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (16/10/2023). (ANTARA/HO-HUMAS PT AGM)


Baca juga: PT AGM latih UMKM HSS naik kelas

Dijelaskan dia, ada sejumlah sekolah di naungan Yayasan Kartika yang kondisi fisik ruangan, kamar kecil dan sarana lainnya yang memerlukan rehabilitasi. Korem 101 Antasari punya tenaga, dan dukungan dana dari AGM diharapkan dapat memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan.

Tak hanya itu, pihaknya juga terbuka membuka bagi perusahaan dan dermawan lainnya, di mana akan diajak Danrem 101 Antasari untuk merehabilitasi rumah warga tak mampu.

 "TMMD rutin kita lakukan tiap tahun bisa di dua wilayah Kodim setahun. Kadang masih banyak kita temukan rumah atau sarana ibadah yang perlu dibedah. Sebab ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, mari kita sama-sama berupaya membahagiakan hati masyarakat," ajaknya.

Manager CSR PT AGM Felix, mengatakan sebagai salah satu perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kalimantan Selatan (Kalsel), maka PT AGM  memiliki komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Di mana salah satu misinya adalah memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan, wujud dari misi tersebut berupa kontribusi kepada kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Baca juga: Bupati Tapin resmikan Tunnel AGM 101

"Begitupun kita membangun terciptanya hubungan yang harmonis, antara perusahaan dan masyarakat di wilayah sekitar operasional perusahaan," ujarnya. 

Sebagai manifestasi dari komitmen perusahaan tersebut, PT AGM berpartisipasi aktif dalam melaksanakan kegiatan PPM yang meliputi delapan pilar yakni pendidikan, kesehatan, pendapatan riil, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, kelembagaan komunitas, dan infrastruktur. 

Kegiatan rehabilitasi SD Kartika V-7 Banjarmasin ini merupakan salah satu manifestasi komitmen PPM pada pilar pendidikan, berupa perbaikan sarana prasarana Pendidikan. 

Kegiatan rehabilitasi SD Kartika V-7 Banjarmasin dilaksanakan berdasarkan salah satu prinsip implementasi PPM PT AGM, yakni kemitraan berkolaborasi dengan Korem 101 Antasari.

Baca juga: Partisipasi PT AGM di jalan sehat apresiasi kepemimpinan Bupati HSS

"Karena Pendidikan merupakan isu sentral dan agenda utama pembangunan nasional, dalam mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa yang membutuhkan sinergisitas dan kolaborasi multi sektor dari berbagai pihak," ungkapnya. 

Pihaknya berharap kegiatan rehabilitasi SD Kartika V-7 Banjarmasin yang dilaksanakan bermitra dengan Korem 101 Antasari dapat menjadi nilai yang bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan.

Khususnya dapat berkontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pembelajaran, yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023