Ketua komisi I DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Gewsima Mega Putra merealisasikan program beasiswa pendidikan tahun 2023 sebanyak 2.500 siswa Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tiga kecamatan.

"Program ini diperuntukkan  untuk SD dan  SMP ," kata Gewsima Megaputra di Kotabaru. Rabu.

Baca juga: DPRD speaker says SIMTARU facilitates business service in Kotabaru

Putra menerangkan, digulirkannya program beasiswa pendidikan di wilayah Kecamatan Pulau Laut Sigam,Pulau Laut Utara, dan Pulau Sebuku untuk mencegah agar anak anak di masa pendidikan tidak putus sekolah hingga jenjang perguruan tinggi.

Besaran beasiswa dari tingkat sekolah Dasar, SMP besaran nominal digolongkan berdasarkan tingkatan pendidikan. 

"Untuk Sekolah Dasar sebesar Rp 550 ribu  dan SMP 1 juta rupiah," ujarnya.

Penyaluran beasiswa, Putra langsung turun ke sekolah sekolah yang menjadi penerima beasiswa dan sekaligus menjaring aspirasi baik sistem pendidikan maupun kendala yang di hadapi para pelajar.

Baca juga: Kotabaru PUPR launches SIMTARU apps to access spatial

Selain kendala yang di hadapi pelajar, Putra juga menjaring aspirasi para guru di masing masing sekolah.

Sebelumnya pada tahun 2021, Ia menjadi ketua  pansus perda bantuan dana dan beasiswa pendidikan dan 2023 beasiswa tersebut direalisasikan .

Penilaian penerima beasiswa melalui tahapan seleksi yang di lakukan ketua komisi satu tersebut berdasarkan hasil survei secara akademik dan secara sosial.

Ia berharap, di tahun mendatang akan mengakomodir jumlah peserta beasiswa baik prestasi dan beasiswa kurang mampu  hingga 5.000 siswa di luar tiga Kecamatan tersebut.

Baca juga: DPRD highlights Kotabaru Bridge continuation
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023