Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Barito Kuala (Kesbangpolinmas Batola), Kalimantan Selatan menggelar tes urine bersama Badan Narkotika Nasional (BNNK) ,  Satuan Polisi Pamong Praja,  serta Diskominfo di empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Batola.

Salah satu perwakilan Kesbangpol Batola Abdul Gani Majedi mengatakan,  tujuan dari kegiatan tes urine tersebut agar bisa menjadi contoh teladan untuk masyararakat yang takut untuk dites urine.

Selain itu, sebut dia, untuk mengedukasi para oknum pengguna bahan narkotika  sepatutnya dilarang agar bisa merubah perilaku pecandu menjadi lebih baik.

“Selanjutnya kita akan lebih meningkatkan kegiatan sosialisasi di setiap sekolah dan lebih gencar melakukan razia di tempat-tempat yang berpotensi penyalahgunaan narkotika," ujar Abdul Gani Majedi dalam siaran pers disampaikan, Rabu.

Pihaknya juga,  jelas dia, menggalakan berbagai kegiatan positif seperti pencak silat, jalan sehat untuk generasi muda agar mempunyai aktifitas sehat dan menjauhi narkoba.

Kegiatan dilakukan di DPBKBP3A Batola, Disperindag Batola, Disporbudpar Batola dan Disbunak Batola tersebut diawali dengan sosialisasi ke masing-masing SKPD.
 
Kemudian  dilanjutkan dengan pemeriksaan tes urin kepada ASN di lingkungan DP2KBP3A Batola diikuti sejumlah 28 orang, Disbunnak Batola sejumlah 43 orang, Disporbudpar Batola sejumlah 24 orang dan Diskoperindag Batola sejumlah 29 orang. 

Kegiatan tersebut merupakan implementasi pelaksanaan  Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (RAD-P4GN Tahun 2023 oleh Pemkab Batola berdasarkan Surat Edaran Sekda Kabupaten Batola Nomor: 200.04/867/Bakesbangpol/2023.

Kegiatan tes urine tersebut merupakan bentuk partisipasi, sinergitas dan kolaborasi antara BNNK Batola dan Pemerintah Daerah Kabupaten Batola.

Dari hasil pemeriksaan tes urine dilaporkan secara resmi kepada kepala SKPD dan Sekretaris Daerah Kabupaten Batola sebagai bahan evaluasi bagi pelaksanaan RAN P4GN tahun 2023 di daerah tersebut.
Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Barito Kuala menggelar tes urine bersama Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Batola dan Satuan Polisi Pamong Praja Batola serta Diskominfo Batola di empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Batola, Selasa (7/11/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Batola).

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023