Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan merancang pembangunan perpustakaan modern untuk meningkatkan minat baca di kalangan generasi muda.
 
Disampaikan Kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin Ihsan Al-Haq di Banjarmasin, Rabu, bahwa instansinya mengajukan anggaran sekitar Rp19 miliar pada APBD tahun 2024 diantaranya untuk pembangunan perpustakaan modern

Baca juga: Banjarmasin tingkatkan literasi pengelolaan perpustakaan sekolah.
 
Menurut dia, rancangan pembangunan tersebut dengan merehabilitasi total bangun perpustakaan yang ada di Jalan Piare Tendean, Banjarmasin Tengah milik Pemkot Banjarmasin agar lebih modern.
 
"Karena bangun perpustakaan yang ada itu sudah rusak berat berdasarkan hasil audit bangunan dari dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kota," ujarnya.
 
Di mana gedung perpustakaan yang ada tersebut menyimpan setidaknya 5.000 judul buku yang sangat berharga dan harus berada ditempat yang lebih aman.
 
Apalagi antusias pengunjung perpustakaan milik Pemkot Banjarmasin yang berada di wilayah objek wisata Siring Sungai Martapura tersebut sangat tinggi, apalagi pada akhir pekan.

Baca juga: PT Pelindo III Banjarmasin serahkan bantuan perpustakaan digital
 
"Karena kita juga berikan layanan dan fasilitas untuk para difabel," ujar Ihsan.
 
Dia pun menyebutkan, kunjungan ke perpustakaan milik Pemkot Banjarmasin dibangun rumah Banjar bersejarah di Siring Sungai Martapura tersebut mencapai 3.000 orang lebih per tahun.
 
"Untuk minat baca di Kota Banjarmasin juga tertinggi di provinsi ini, nilainya 78 poin, kalau rendah itu di bawah 70 poinnya," ucap Ihsan.
 
Karena itu, ucap dia, fasilitas dan sarana di perpustakaan untuk makin meningkat minat membaca di daerah ini harus diperbaiki lagi, sehingga menjadi tempat yang nyaman, menggembirakan dan lainnya.
 
"Konsep perpustakaan moderen ini sudah saya sampaikan juga dengan pihak legislatif, moga rancangan kita membangun perpustakaan moderen disetujui semua," ujarnya.

Baca juga: Perpustakaan Tendean Banjarmasin tutup hingga akhir tahun

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023