PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyerahkan perpustakaan digital untuk SDN Pasar Lama I untuk meningkatkan sarana perpustakaan sekolah serta meninkatkan kemampuan literasi siswa.

CEO Pelindo III Regional Kalimantan Fariz Hariyoso di Banjarmasin Senin mengatakan, penyerahan bantuan satu unit perpustakaan digital yang diperkirakan seharga Rp80 juta tersebut, sebagai tanggung jawab sosial PT Pelindo III untuk meningkatkan SDM di daerah ini.

"Kita serahkan bantuan perpustakaan digital ini, sebagai salah satu untuk meningkatkan kualitas pendikan sejak SD," katanya.

Selain perpustakaan digital, Pelindo III juga menyerahkan bantuan untuk Pojok Baca berupa buku sekitar 400 eksemplar, mading pohon dan lainnya.

Staf Administrasi Balai Pustaka R Bambang Widyaseno mengatakan, perpustakaan digital tersebut, memiliki tidak kurang dari sekitar seribu konten, mulai dari buku pelajaran, dongeng, traveling dan berbagai bacaan pengetahuan umum lainnya.

Banyak kelebihan dengan adanya perpustakaan digital, antara lain, anak-anak bisa membaca melalui gedget, tanpa sibuku membawa buku.

Selain itu, melalui bantuan tersebut, para siswa bisa membaca buku tanpa harus keluar kuota alias gratis.

Bambang yakin, melalui perpustakaan digital ini, akan mampu meningkatkan minat baca dan kualitas para siswa.

Selain itu, mampu memberikan informasi dan hiburan yang mendidikan bagi para siswa melalui perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Perpustakaan digital juga menjadi medium pembelajaran jarak jauh dan meningkatkan akreditasi bagi sekolah.

Kepala Sekolah SDN Pasar Lama 1 Sakerani mengatakan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan kualitas dan fasilitas sekolah.

Melalui pojok perpustakaan dan perpustaan digital, bukan hanya para siswa yang bisa memanfaatkannya, tetapi para otang tua juga bisa meminjam buku di sekolah, untuk meninkatkan wawasannya.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan sekolah kami," katanya.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021