Pembangunan tahap pertama jembatan penghubung Desa Kaong dan Kampung Menakin Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menelan dana APBD Kabupaten 2023 sebesar Rp3,3 miliar.

Menurut perwakilan pelaksana proyek CV Titian Rezeki Sofyan mengatakan pembangunan tahap pertama berupa pemasangan tiang pancang jembatan dengan target pekerjaan Desember 2023.

Baca juga: Polda Kalsel tindak lanjuti dugaan pidana "dumping" limbah di Desa Kinarum

"Pembangunan jembatan akan dilaksanakan dua tahap, tahun ini pengerjaan pemasangan tiang pancang," jelas Sofyan di Tabalong, Jumat.

Jembatan yang akan dibangun berupa jembatan girder dengan panjang 20 meter dan lebar sembilan meter.

Ia menambahkan karena lokasi pembangunan jembatan masuk kawasan rawan banjir maka jembatan dibuat lebih tinggi yakni sekitar 2,5 meter dari jalan.

Baca juga: Bupati Tabalong: Predikat Kota Layak Anak tumbuhkan investasi daerah

Sementara itu Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Upau Muhammad  Azidinnor mengatakan dengan pembangunan  jembatan ini nantinya memudahkan akses masyarakat menuju Kabupaten Balangan. 

Selain pembangunan jembatan Kaong-Menakin di Kecamatan Upau juga dilakukan pelebaran jalan mulai Desa Kaong, Desa Bilas hingga ke Desa Masingai.

Bukan itu saja Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong Wibawa Agung Subrata juga mengatakan  rehab jalan Desa Kaong, Desa  Bilas, Desa Kembang Kuning dan Desa  Nawin salah satu proyek strategis yang dilaksanakan tahun ini.

"Pelaksanaan proyek strategis selain ciptakan lapangan kerja juga  menumbuhkan kemandirian daerah," jelas Wibawa.

Baca juga: Dua remaja asal Tabalong terlibat pelecehan seksual anak di bawah umur
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023