Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan dialog untuk melestarikan kesenian wayang kulit khas Banjar.

Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel Suharyanti di Banjarmasin, Minggu, menyampaikan penyelenggaraan dialog wayang kulit Banjar tersebut dilaksanakan selama tiga hari pada 29-31 Oktober 2023 di Taman Budaya Banjarmasin.

Baca juga: Bupati : Pertunjukan wayang kulit media pembentukan karakter generasi muda

Menurut dia, dialog wayang kulit Banjar merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalsel untuk terus menyebarluaskan eksistensi kesenian tersebut sehingga lestari dan bertahan.

"Kita ingin masyarakat tahu bahwa Kalsel juga memiliki wayang kulit khas Banjar. Biasanya wayang kulit dikenal dari pulau Jawa," ucapnya.

Dia menerangkan salah satu perbedaan antara wayang kulit Banjar dan Jawa terletak pada bahan pembuatan wayang. 

Untuk Jawa bahan utama wayang dari kulit kerbau, sementara wayang Banjar lebih sering dibikin dari kulit sapi atau kambing.

"Banyak yang ingin kita diskusikan terkait wayang kulit Banjar ini, sehingga kesenian ini makin memasyarakatkan, sehingga akan memunculkan banyak regenerasi penggiatnya nanti," ucapnya.

Baca juga: Tiga dalang tampil dalam cerita "sekaki kembang membawa jodoh" di Taman Budaya Kalsel

Untuk memperkaya kesenian wayang dan berbagi pengetahuan, narasumber yang didatangkan pada kegiatan dialog, yakni Dalang Wayang Kulit Yogyakarta Ki Catur Benyek Kuncoro.

Untuk lokal, ungkap dia, Ketua Persatuan Pedalangan Seluruh Indonesia (Pepadi) Provinsi Kalsel Ufik.

"Para peserta diberi pelatihan dalam membuat karya dan cerita wayang. Yang mana di akhir dialog langsung mempraktekkan cara mewayang," ujarnya.

Ditambahkan Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi Taman Budaya Kalsel Nitta Aulia mengatakan, bagi masyarakat yang ingin ikut dalam pelaksanaan dialog bisa langsung membuka media sosial taman budaya untuk mendaftar melalui laman https://bit.ly/pendaftarandialogseni.

"Kita juga mengadakan pagelaran wayang kulit Banjar yang akan diadakan di gedung Warga Sari Taman Budaya Minggu malam ini," ujarnya.

“Ayo ikuti dialog dan saksikan pergelaran wayang kulit Banjar, karena akan langsung dimainkan oleh salah satu seniman lokal yaitu Dalang Saidi Rahman yang berasal dari hulu sungai," paparnya.

Baca juga: Ratusan warga saksikan penggelaran wayang kulit Banjar

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023