Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hermansyah membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD), penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) HSS Tahun 2025-2045.

"Kegiatan ini akan melalui beberapa tahapan, dari membahas isu-isu strategis melalui FGD terkait sektor pengembangan sumber daya manusia, ekonomi wilayah, infrastruktur dan lingkungan hidup serta tata kelola pemerintah," kata Kepala Bappelitbangda HSS Arliyan Syahrial, mengutip pers release Diskominfo HSS, Jum'at.

Dijelaskan dia, rapat penyusunan RPJPD HSS ini dilaksanakan selama tiga hari  dari tanggal 26 0ktober hingga 28 Oktober 2023 dengan narasumber Indra Gunawan Ekonom Ahli (Eselon II) dari Bank Indonesia (BI), dan dihadiri para pejabat terkait di lingkup Pemkab HSS.

Dijelaskan dia, penyusunan RPJPD HSS Tahun 2025 - 2045 merupakan pelaksanaan amanat Pasal 5 Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, mengamanatkan RPJPD memuat visi, misi dan arah pembangunan selama 20 tahun ke depan.

Baca juga: Pemkab HSS susun RPJPD selaraskan perencanaan pembangunan 20 tahun ke depan

“Visi mewujudkan Indonesia sebagai "Negara dan Berdaulat, Maju, Nusantara Berkelanjutan"," ujarnya, dalam laporan kegiatan di Banjarmasin.

Di mana untuk pencapaian visi tersebut menargetkan Indonesia proyeksi GNI mencapai 18.790 USD (Rp. 298 juta) pada tahun 2042 dengan posisi sekarang Tahun 2022 sebesar 4.460 USD (Rp.70 juta).

Dengan pertumbuhan 6,6 persen dengan tingkat kemiskinan 0,5-0, 8 persen pada tahun 2045, selain tingkat kemiskinan, perlu juga didorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan penurunan tingkat pengangguran terbuka.

Pihaknya ingin harapan besar ini akan diterjemahkan ke dalam langkah-langkah strategis penyusunan RPJPD HSS Tahun 2025-2045 dengan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, sebagai "Game Changer untuk menuju Indonesia Maju melakukan Transformasi.

“Oleh karena itu dalam waktu 20 tahun harus dirancang tahapan-tahapan, agar selalu bersinergi satu sama lainnya untuk memberikan kontribusi terhadap ukuran-ukuran keberhasilan sesuai dengan visi Indonesia emas 2045," ungkapnya.

Peranan dari pemangku-pemangku kepentingan yang turut hadir di dalam acara ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan sumbangsih terhadap harapan-harapan tersebut, di mana RPJPD ini akan disusun melalui proses partisipatif dari seluruh pemangku.

Baca juga: Inovasi "Satu NIK" HSS terbaik satu Kalsel Innovation Award 2023

Pj Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan RPJPD Kab. HSS adalah instrumen utama yang akan membantu mencapai visi, visi dalam RPJPD HSS harus selaras dengan visi Indonesia Emas 2045.

Menurut dia, untuk mencapai visi ini, perlu memfokuskan perencanaan dan implementasi pembangunan kita pada sektor-sektor yang strategis, termasuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi dan lingkungan.

Salah satu tahapan penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD adalah menjaring isu-isu strategis sesuai fakta. Dalam memahami tantangan dan peluang yang ada, adanya informasi yang akurat, akan dapat merancang strategi yang efektif dan berkelanjutan.

“Mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat dan tekad yang tinggi, karena bersama kita dapat membantu mewujudkan cita-cita indonesia emas 2045, membawa kemajuan dan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat di HSS,” ajaknya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023