Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Tiga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Banjarmasin, yakni PDAM Tirta Kencana Samarinda, PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, dan PDAM Balikpapan sepakat minta keringanan soal tarif listrik.

Hal tersebut  terungkap dalam kunjungan dua hari 25-26 Agustus 2016 rombongan PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin, bersama 18 wartawan media cetak dan elektronik, ke Samarinda dan Balikpapan, Kaltim, kata Sekretaris PDAM Bandarmasih, Banjarmasin, Endang Waryono, Minggu.
     
Saat pertemuan dengan PDAM Tirta Kencana Samarinda yang kala itu diterima Direktur Teknik Said Abdul Hamid beserta staf terungkap bahwa PDAM setempat mengeluh soal tarif listrik.
     
"Kita diminta untuk membantu tempat ibadah, membantu sekolah, membantu tempat sosial lainnya, tetapi kita tak ada keringanan soal bayar tarif listrik," katanya.
     
Seyogianya, jika pemerintah meminta PDAM untuk membantu kebutuhan sosial, maka ada keringanan yang diemban PDAM dalam  mengelola perusahaan termasuk keringanan soal tarif  listrik.
    
Bukan itu tarif listrik saja yang memberatkan PDAM tetapi juga untuk membeli solar untuk bahan bakar operasional PDAM, dikenakan tarif industri bukan tarif umum.
    
"Menurut saya ini tidak adil, kita disuruh membantu sosial tetapi kita tak ada keringanan sama sekali, nih mumpung banyak wartawan tulis kalian persoalan ini," kata Said Abdul Hamid.

Hal lain yang agaknya menjadi keluhan bersama tiga PDAM di Kalimantan ini adalah soal air baku, karena wilayahnya sama-sama terintrusi air laut, makanya mereka minta pemerintah untuk membantu persoalan air baku ini, karena masalah air bersih adalah vital bagi kehidupan masyarakat.

Dalam pertemuan di dua lokasi Samarinda dan Balikpapan, para wartawan yang tergabung dalam press room Pemkot Banjarmasin itu mengajukan banyak pertanyaan.

Pertemuan selalu diakhiri dengan saling memberikan cendramata, baik untuk Direktur Teknik PDAM Tirta Kencana Samarinda dan Ditektur Utama PDAM Balikpapan Haidir Effendi dengan pimpinan rombongan Sekretaris PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Endang Waryono.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016