Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai selatan (HSS) H Hermansyah didampingi Kepala Bidang Kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Eko Harjidi Putra bersilaturahmi bersama anggota Ikatan Mualim Masjid dan Langgar (IKMASIL) wilayah tiga Daha.

Ia mengatakan, IKMASIL hanya ada satu-satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel) yaitu di Kabupaten HSS, dan berharap berharap IKMASIL ini dapat juga menyebar di seluruh wilayah Kalsel.

"Karena sudah seharusnya para mualim masjid dan langgar patut diberikan wadah maupun tempat bagi mereka, agar masjid dan langgar yang dikelola bisa lebih makmur," ujarnya saat memberikan sambutan, mengutip pers release Prokopim Setda HSS, di Majelis Ta'lim Al-Muradiyah, Pandak Daun, Daha Utara, Selasa.

Baca juga: 20 perwakilan IKMASIL silaturahmi dengan Wabup HSS

Dijelaskan dia, sebagai orang Kandangan dirinya sangat bangga karena di HSS hubungan para ulama dan umara sangat dekat dan baik, dan tahun depan rencananya akan ada beberapa program dari pemerintah daerah di bidang keagamaan.

Program tersebut untuk memberangkatkan umrah bagi para guru-guru TK Al-Qur'an, para kaum atau marbot, serta juga ada tambahan bagi guru pondok pesantren, yang mana jumlahnya tiga orang per kategori.

Ia juga meminta agar IKMASIL dapat berperan menjaga suasana aman, damai, dan kondusif di tengah masyarakat, terutama di masa sekarang yang hampir memasuki tahun politik, sehingga mungkin berpotensi menimbulkan riak dan gesekan di masyarakat.

Baca juga: Silaturrahmi IKMASIL di wilayah Daha terapkan protokol kesehatan

"Saya berterima kasih dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan pada hari ini, dimana kegiatan ini menjadi momentum bagi para anggota IKMASIL untuk bertemu dan bertukar fikiran serta pendapat," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, pj bupati berkesempatan mendengarkan aspirasi dan masukan dari para anggota IKMASIL, langkah yang selaras dari upaya pemerintah daerah setempat mendukung dan membantu memajukan nilai-nilai keagamaan dan kesejahteraan masyarakat di HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023