Program Angkutan Sampah Bersihkan Banjar "Angkasa Bersinar" yang digagas PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mewakili dua provinsi bertetangga itu dalam Indonesia CSR Award (ICA) tingkat nasional tahun 2023.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Ahad mengucapkan syukur atas lolosnya PLN UID Kalselteng pada tahap awal yakni penilaian makalah sejak Agustus 2023, sehingga bisa dilanjutkan fase penilaian presentasi dan "site visit" ke Bank Sampah Sekumpul, Kabupaten Banjar.
 
"Alhamdulillah, makalah Angkasa Bersinar lolos penilaian, sehingga mewakili PLN ke tahap selanjutnya. Kalselteng menjadi satu dari empat PLN se-Indonesia yang mewakili tahap penilaian site visit," ujar Joharifin melalui keterangan tertulis.
 
Diketahui, Indonesia CSR Award (ICA) merupakan program yang diselenggarakan Corporate Forum for CSR Development (CFCD) selama 7 tahun sejak 2005 sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan dan individu yang menjalankan program CSR dengan baik.
 
Sementara fase "site visit" dilakukan setelah penilaian makalah selesai dan dinyatakan layak sehingga tim penilai dan juri CFCD langsung berkunjung ke PLN UID Kalselteng di Banjarbaru untuk melihat langsung realisasi program.
 
Tim yang terdiri dari "Steering Comitee" atau Ketua stakeholder CFCD Hulfa, Komite penilai John Edy Kennedy dan Rochmad Purnomo disambut hangat jajaran manajemen PLN UID Kalselteng pada kunjungan, Jum’at (13/10).
 
Tim juri ICA Award 2023 melakukan site visit di Bank Sampah Sekumpul, Martapura Kabupaten Banjar didampingi oleh Managemen PT PLN UID Kalselteng dan Lurah Sekumpul Gusti Marhusin. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)


 
Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani pada sesi pemaparan presentasi mengatakan, program Bank Sampah Sekumpul bisa berjalan sangat baik dan telah menyumbangkan berbagai macam penghargaan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.
 
"Program diajukan karena melihat kegigihan pengelolanya dan potensi perbaikan lingkungan yang sangat signifikan. Buktinya mereka meraih berbagai penghargaan pelestarian lingkungan seperti penghargaan Program Kampung Iklim sejak 2021 hingga 2022 dari Gubernur Kalsel," ungkapnya.
 
Ditekankan Sigit, langkah yang telah dilakukan PT PLN UID Kalselteng sebagai penambah semangat bagi rekan-rekan Bank Sampah Sekumpul agar makin terekspos dan juga lebih dikenal sehingga program terkait penanganan sampah menjadi lebih luas dan masyarakat semakin sadar pentingnya kelestarian lingkungan.
 
"Kami berharap semoga hasil penilaian, baik administrasi dan site visit sesuai dengan harapan maupun ekspektasi para juri serta memenuhi segala aspek dan kriteria penilaian yang dibutuhkan," tutur Joharifin.
 
Steering Comitee/Ketua stakholder CFCD Hulfa menyampaikan pesan apresiasi langsung dari Ketua umum CFCD Thendri Supriatno dan Sekjen CFCD Suharman Noerman kepada PLN UID Kalselteng atas partisipasi dalam ajang ICA Award 2023. 
 
"Ketua dan Sekjen titip salam untuk jajaran PLN UID Kalselteng dan juga sangat mengapresiasi PLN karena dapat mengikuti program ICA Award 2023 dan semoga menjadi yang terbaik pada akhirnya," ujar Hulfa.
 
Setelah menyimak presentasi tim Angkasa Bersinar, im juri ICA Award menuju lokasi Bank Sampah Sekumpul didampingi manajemen PLN UID Kalselteng, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin dan wakil dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar.
 
Tim juri cukup antusias dengan pengelolaan Bank Sampah sekumpul karena tertata sangat rapi baik secara administrasi maupun teknis penataan sampahnya termasuk batas waktu pengambilan sampah dan semuanya mendapat penilaian bagus dari tim juri tersebut.
 
"Kami berharap Bank Sampah Sekumpul ini ditingkatkan statusnya menjadi sebuah lembaga berbadan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT) agar bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi," saran Hulfa.
 
Setelah"site visit" juri berharap agar program Angkasa Bersinar dari PLN UID Kalselteng bisa berhasil dalam ajang ICA Award 2023 karena program sudah berjalan lama dan konsisten serta memiliki dampak baik terhadap lingkungan sekitarnya.
 
"Kita tunggu saja, semoga hasilnya sesuai harapan dan memenuhi syarat yang ditetapkan. Semoga bisa bertemu di malam penganugerahan penghargaan yang diagendakan di Jakarta," kata Hulfa.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023