Kapolresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Kombes Pol Sabana Atmojo meminta masyarakat mewaspadai penyebaran informasi tidak sesuai fakta atau hoaks menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya minta masyarakat jangan mudah percaya dengan hoaks yang beredar, dicek dulu kebenarannya, masyarakat harus bisa jadi agen demokrasi,” kata Sabana di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Puluhan kelurahan di Banjarmasin ikrar serentak Pemilu damai 2024

Dia menuturkan hal itu usai pengecekan sarana dan prasarana serta kesiapan personel pada rangkaian Apel Gelar Pasukan Ops Mantab Brata Intan Polresta Banjarmasin 2023/2024 di Lapangan RHT Kamboja, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

“Saya pastikan sebanyak 508 personel siap untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Dia mengungkapkan ada beberapa wilayah yang cukup rawan terjadi kecurangan ataupun konflik, misalnya di wilayah Jembatan Bromo.

Menurut dia, wilayah tersebut cukup rawan karena harus menyeberangi sungai menggunakan transportasi perahu sehingga membutuhkan penjagaan yang cukup ketat untuk mengamankan kotak suara dari segala kemungkinan buruk yang terjadi.

Baca juga: TNI-Polri di Banjarmasin solid kawal keamanan pemilu

Polresta Banjarmasin juga meningkatkan pengamanan di layanan publik, seperti rumah sakit untuk mencegah adanya oknum Pemilu 2024 memanfaatkan pasien yang sedang menjalani perawatan, karena tidak semua pasien tersebut penduduk asli Banjarmasin.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor mengatakan Polresta Banjarmasin telah melaksanakan berbagai persiapan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan kondusif.

“Kegiatan ini sangat bagus, kita ingin Pemilu berjalan damai di Banjarmasin,” ujar Arifin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Rusnailah mengatakan logistik berupa kotak suara untuk pelaksanaan Pemilu 2024 sudah diterima pada Senin kemarin di Banjarmasin.

Baca juga: Pesan MUI Kalsel untuk Pemilu berkualitas hindari politik uang

Dia memastikan KPU Banjarmasin melaksanakan tugas secara profesional dan berkolaborasi dengan Polresta Banjarmasin guna memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar.

Pada kesempatan itu, ia meminta para kontestan Pemilu mengikuti seluruh tahapan dan aturan yang berlaku.

Rusnailah juga mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut berkontribusi mengawasi jalannya Pemilu dan melaporkan setiap temuan kejahatan pesta demokrasi itu.

“Ada 7.760 kotak suara 1.940 TPS untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di Banjarmasin,” ujar Rusnailah.

Baca juga: Sentra Gakkumdu Pemilu di Banjarmasin mulai aktif

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023