Sebanyak 33 kelurahan di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mengucapkan secara serentak ikrar Pemilihan Umum (Pemilu) damai 2024 yang dilaksanakan di tiga wilayah, pada Selasa.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo menuturkan ikrar Pemilu damai diikuti tiga kecamatan yakni Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Tengah, dan Banjarmasin Barat.

“Kita ingin mewujudkan Pemilu yang damai, berbagai upaya kita lakukan untuk memetakan daerah yang rawan konflik, selanjutnya kita lakukan langkah pendekatan khususnya di daerah yang rawan,” kata Sabana di Banjarmasin, Selasa.

Sabana meminta keterlibatan masyarakat aktif untuk melaporkan setiap pelanggaran dan kejahatan Pemilu, terlebih berkaca pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya ditemukan beberapa wilayah yang cukup rawan terjadi konflik dan gesekan akibat perbedaan pandangan politik.

“Saya imbau para kontestan Pemilu dan seluruh pihak legowo untuk menerima apapun hasil Pemilu nanti,” ucapnya.

Menurut Sabana, Kota Banjarmasin merupakan lumbung suara Pemilu karena merupakan daerah yang memiliki jumlah penduduk terpadat diantara 13 kabupaten dan kota yang ada di Kalsel.

Dirinya menekankan, pihaknya fokus untuk menanamkan Pemilu yang damai dengan berbagai program, salah satunya dengan gencar melaksanakan deklarasi damai di seluruh wilayah Kota Banjarmasin.
Deklrasi Pemilu Damai di wilayah Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (10/10/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Sabana menyebutkan ikrar Pemilu damai yang laksanakan hari ini di tiga kecamatan melibatkan berbagai lapisan mulai dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan, diantaranya yakni Polresta Banjarmasin, Bakesbangpol Banjarmasin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin, Bawaslu Banjarmasin.

Kemudian termasuk para pejabat Polsek dan Camat setempat, pejabat kelurahan, partai politik (Parpol), tokoh agama, lembaga swadaya masyarakat (LSM), mahasiswa, dan masyarakat setempat.

Adapun rincian wilayah peserta ikrar Pemilu damai tersebut yakni Banjarmasin Selatan sebanyak 12 kelurahan, Banjarmasin Tengah 12 kelurahan, dan Banjarmasin Barat sebanyak 9 kelurahan.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Selatan Firdaus mengatakan wilayahnya sudah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024.

Dirinya menyebutkan salah satu persiapan yaitu jajaran kecamatan telah merenovasi gedung yang akan dijadikan sebagai salah satu tempat pelaksanaan maupun pemungutan suara Pemilu 2024.

Menurutnya, deklarasi damai Pemilu sangat penting karena merupakan salah satu upaya membangun kepercayaan masyarakat agar berkontribusi mengikuti Pemilu.

Pada kesempatan yang sama, Camat Banjarmasin Tengah Maslun memastikan Pemilu di wilayahnya berjalan dengan kondusif, pihaknya akan melakukan monitoring tempat pemungutan suara (TPS) secara rutin.

Para Camat di Kota Banjarmasin juga berkomitmen memastikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah kerjanya bersikap netral terhadap segala dinamika Pemilu 2024.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023