Ketua DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, Syairi Mukhlis memaknai bulan Bungkarno sebagai inspirasi wawasan kebangsaan dan semangat perjuangan kaum milenial.

"Mari kita warisi api semangat beliau dalam membangun bangsa dan negara kearah yang semakin baik berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar negara republik Indonesia tahun 1945," kata Syairi Mukhlis di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis apresiasi atas capaian bupati

Syairi mengungkapkan salah satu upaya DPRD Kotabaru dalam menggelorakan Pancasila adalah dengan membuat Perda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Ia mengungkap terdapat empat cara dalam menggelorakan Pancasila, yakni secara formal, non formal, informal, dan melalui para milenial.

“Terdapat empat jalan melalui perda ini yakni jalan formal melalui pendidikan di sekolah – sekolah," katanya

Melalui jalan non formal, yaitu melalui jalan kebudayaan sosial, jalan informal yang berbasis keluarga, dan  jalan milenial karena generasi muda punya jalan pikir yang luar biasa.

Baca juga: Syairi Mukhlis hadiri HGN di Kecamatan Sampanahan

Lebih lanjut, Syairi mengajak masyarakat memaknai peringatan Bulan Bung Karno dimana tanggal 1 Juni lahirnya ideologi negara Pancasila, 6 juni lahirnya Bungkarno dan 21 Juni wafatnya sang proklamator.

Ungkapan tersebut di utarakan seusai menghadiri memperingati  Bulan Bung Karno yang di gelar di sekretariat DPC PDI Perjuangan jalan Flamboyan Desa Semayap Pulau Laut Utara di rangkai dengan pembagian sembako dan bhakti sosial..

Syairi berharap, dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sebagi bentuk kepedulian terhadap sesama.

Baca juga: Syairi Mukhlis apresisasi program CSR Pertamina

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023