Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) ingin memastikan Komisi Pemilihan Umum atau KPU di provinsinya tidak ada masalah menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

 

Sekretaris Komisi I yang membidangi sosial politik, H Suripno Sumas mengemukakan itu menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Kamis, seraya mengatakan, pada kesempatan kunjungan kerja (kunker) dalam, 12 - 14 Oktober 2023 ke KPU Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

 Baca juga: Puluhan kelurahan di Banjarmasin ikrar serentak Pemilu damai 2024

"Insya Allah, Kamis (12/10/23) kami ke KPU HST di Barabai (165 km utara Banjarmasin) ingin memastikan mereka tidak ada masalah menghadapi Pemilu 2024 secara serentak pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada)," kata Suripno.

 

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu mengatakan, salah satu kesiapan KPU yang mendasar ketersediaan dana untuk pelaksanaan "pesta demokrasi" lima tahunan tersebut.

 

Ia  berharap, semua atau 13 KPU kabupaten/kota se-Kalsel tidak ada permasalahan dana buat menunjang kelancaran pelaksanaan Pemilu mendatang

 Baca juga: KPU Kalsel intensifkan koordinasi masa pencermatan rancangan DCT

Begitu pula hal-hal lain guna kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pemilu, harap alumnus Universitas Lambung Mangkurat (ULM d/h Unlam) bergelar sarjana dan magister hukum tersebut.

 

Sebelum Komisi I yang diketuai Hj Rachmah Norlias serta wakilnya Siti Noortita Ayu Febria Roosani mengunjungi KPU Kabupaten Barito Kuala (,Batola) di Marabahan (sekitar 50 km barat Banjarmasin) ibukota Batola serta Kabupaten Tanah iTanah Laut (Tala) di Pelaihari (65 km tenggara Banjarmasin).

 

Selai. Itu, ke KPU Kabupaten Tapin di Rantau (117 km utara Banjarmasin) dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di Kandangan (sekitar 135 km utara Banjarmasin.

 

"KPU Batola, Tala, Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tampaknya sudah siap menghadapi Pemilu 2025," demikian Suripno Sumas.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023